kuping kiri

Unpad: Kroya Paling Layak Jadi Ibu Kota Kabupaten Indramayu Barat

Unpad: Kroya Paling Layak Jadi Ibu Kota Kabupaten Indramayu Barat

Cirebonplus.com (C+) – Tim dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung melakukan ekspos di hadapan berbagai pihak terkait calon lokasi ibu kota rencana daerah pemekaran Kabupaten Indramayu Barat, Senin (8/7). Ekspos dilakukan setelah Unpad melakukan penelitian dan kajian berbagai aspek selama sebulan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Kajian Unpad, Prof DR H Nandang AD SH MHum. Menurutnya, kajian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitaif yang digabungkan menjadi satu.

Kajian dilakukan setelah terlebih dahulu bahwa daerah tersebut layak untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru (DOB), baru kemudian dilakukan kajian untuk menentukan calon ibu kota DOB tersebut.

Tujuan kajian adalah untuk memperoleh indikasi calon ibu kota kabupaten persiapan Indramayu Barat yaitu dengan memperhatikan kondisi geografis (34%), keseusuaian dengan rencana tata ruang (17,2%), ketersediaan lahan (10,3%), kondisi sosial budaya dan sejarah (2,9%), kondisi politik dan keamanan (4%), dan aksesibiltas layanan (31,6%).

“Akses geografis menjadi dasar yang utama, untuk mencari nilai tertinggi. Kita melakukan penghitungan skor di 10 kecamatan yang masuk dalam rencana persiapan Indramayu Barat,” lanjut Nandang.

Berdasarkan hasil kajian dan penghitungan skor dari 10 kecamatan, maka 4 peringkat kecamatan tertinggi yakni Kecamatan Kroya (4,01), Kecamatan Gabuswetan (3,95), Kecamatan Haurgeulis (3,45), dan Kecamatan Kandanghaur (3,42).

Sementara itu Asisten Pemerintahan (Asda I) Setda Indramayu, Jajang Sudrajat mengatakan, hasil kajian dari Unpad ini merupakan salahsatu kelengkapan dalam memenuhi DOB yang tahapan berikutnya akan dilakukan di DPRD Indramayu.

Turut hadir pada ekspose tersebut, para kepala SKPD, 10 camat, anggota DPRD Indramayu, dan Tim Pemekaran Indramayu Barat. (Abdullah/Rilis)

Related posts