kuping kiri

Walikota Cirebon Bujuk China untuk Berinvestasi, Dubes Langsung Tawarkan Sister City

Walikota Cirebon Bujuk China untuk Berinvestasi, Dubes Langsung Tawarkan Sister City

CIREBON (Ci+) – Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng betah di Cirebon. Setelah di depan mahasiswa UNU menyatakan kenyamanannya berada di tengah-tengah masyarakat Cirebon, karena memiliki pertalian sejarah dengan Tiongkok, Xie Feng ternyata punya beberapa agenda lain.

Salahsatu agendanya adalah bertemu dengan Walikota Cirebon, H Nasrudin Azis SH. Pantuan cirebonplus.com, kedatangan Xie Feng dan rombongan disambut Walikota Azis bersama jajarannya di ruang kerjanya, Rabu (15/3).

Azis mengatakan, kedatangan Xie Feng ke Kota Cirebon tak lepas dari upaya pendekatan pihaknya dengan sejumlah pihak asing. Terutama terkait investasi asing yang mulai dibutuhkan kehadirannya di Kota Cirebon.

“Kota Cirebon butuh investasi sangat besar. Terutama infrastruktur untuk percepatan pembangunan dan mendukung aktivitas perekonomiannya. Apalagi, kelak Kota Cirebon bisa jadi sangat macet,” kata dia.

Sejauh ini Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon getol mempromosikan diri kepada para investor asing. Tentu tanpa mengabaikan investor domestik.

Melalui Xie Feng, Pemkot Cirebon menyampaikan keinginannya bekerjasama dengan China. Keinginan itu langsung dibalas dengan ketertarikan Dubes Cina terhadap pengembangan ekonomi melalui sektor pariwisata, khususnya budaya dan sejarah.

“Cirebon dan China memiliki kesamaan dan kedekatan sejarah. Ini mejadi modal kami melanjutkan kerjasama khsusunya di Kota Cirebon,” tuturnya.

Dalam pembicaraannya dengan Xie Feng, sempat muncul kesepakatan merintis program Sister City. Dalam program ini, Kota Cirebon akan “bersaudara” dengan salahsatu kota di China.

Meski belum ditetapkan kota mana di China yang akan dipasangkan dengan Kota Cirebon, Azis meyakinkan bahwa program Sister City merupakan jembatan untuk hubungan jangka panjang kedua pihak.

Xie Feng sendiri, lanjutnya, berjanji akan mempromosikan Cirebon kepada investor-investor di China. Orientasi investasi Kota Cirebon, prioritasnya sektor perdagangan dan jasa. Untuk mendukung ini, prioritas yang harus dibenahi berupa infrastruktur yang mumpuni

“Tadi Dubes Xie Feng juga mengundangnya untuk datang ke China suatu hari nanti,” tukas ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon itu. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts