kuping kiri

Wawali Cirebon: Butuh Sinergitas Daerah untuk Kembangkan Segitiga Emas Kawasan Industri

Wawali Cirebon: Butuh Sinergitas Daerah untuk Kembangkan Segitiga Emas Kawasan Industri

Cirebonplus.com (C+) – Di bawah kepemimpinan Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil, Cirebon masuk dalam segitiga emas kawasan industri. Untuk mengembangkannya, dibutuhkan sinergitas antardaerah yang ada di sekitarnya.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Walikota (Wawali) Cirebon, Dra Hj Eti Herawati beberapa hari lalu. Sinergitas yang dimaksud adalah meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Terlebih, sambungnya, Pemprov Jabar sudah menetapkan Kertajati, Patimban, Cirebon sebagai segitiga emas dan kawasan industri baru di Jawa Barat. Karena itu, pertumbuhan ekonomi di kawasan Ciayumajakuning diyakini Eti akan tumbuh dengan pesat.

Dengan melihat peluang itu, lanjutnya, semua daerah di Ciayumajakuning juga harus bersiap agar tidak tertinggal atau hanya menjadi penonton. Khusus untuk Kota Cirebon pihaknya juga akan mendorong keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa bersaing di pasar global.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, kata Eti, juga akan mendorong UMKM yang jumlahnya mencapai ribuan untuk menjadi lebih andal dan menciptakan produk-produk yang berkualitas. “Jumlah UMKM kita banyak, akan kita dorong untuk menjadi UMKM yang handal,” tandas Eti.

Selain itu, dengan ditetapkannya Cirebon sebagai satu dari tiga daerah segitiga emas baru di Jawa Barat, juga akan mendorong geliat pariwisata di wilayah Cirebon. “Kita juga harus terus berbenah agar wisatawan berkunjung dalam waktu yang lama di Kota Cirebon,” ajak Eti.

Eti menambahkan, sejumlah kegiatan baik dari Provinsi Jabar maupun pemerintah pusat juga sudah mulai sering dilakukan di Cirebon. Hal itu merupakan pertanda yang baik. “Kita harus terus berbenah,” ungkap Eti. (Dewo/C+2)

Foto: DKIS Kota Cirebon

Related posts