kuping kiri

Weekendplus: Menikmati Pesona Keindahan dan Kesejukan Hutan Kota Mayasih Kuningan

Weekendplus: Menikmati Pesona Keindahan dan Kesejukan Hutan Kota Mayasih Kuningan

Destinasi wisata di Kabupaten Kuningan yang jadi favorit masyarakat, bertambah. Bagi wisatawan luar daerah, nama Linggarjati dan Waduk Darma paling banyak dikenal. Padahal Kota Kuda juga punya keindahan lain, Hutan Kota Mayasih yang kini makin banyak dikunjungi masyarakat. Seperti apa keindahannya?

Feature by Aulia Nurussyifa, cirebonplus.com

MENIKMATI perjalanan menuju Hutan Kota Mayasih ibarat menikmati udara di puncak gunung. Sejuk dan asri mengiringi langkah demi langkah menyusuri setiap tapakan kaki.

Bagi banyak masyarakat Kuningan, mungkin sudah banyak yang mengetahui tempat wisata ini. Kawasan wisata Hutan Kota Mayasih, orang menyebutnya Gunung Batu Mayasih, adalah salahsatu tempat wisata yang berada di Desa Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Tempat ini letaknya tidak jauh dari Kolam Pemandian Cigugur. Agak naik sedikit ke arah Palutungan, melewati makam Belanda.

Jalan itu menuntun wisatawan hingga menemukan gapura di sebelah kiri jalan. Dari situ, belok kiri dan mengikuti jalur yang ada hingga sampai di MTs dan MAN Cigugur. Hutan Kota Mayasih terletak tepat berhadapan dengan gerbang MAN Cigugur.

Dari waktu ke waktu, hutan ini makin banyak dikunjungi wisatawan. Usianya lebih muda dibanding tempat wisata lainnya di Kuningan.

Bila menilik riwayatnya, Hutan Kota Mayasih merupakan kawasan reklamasi galian penambangan batu. Tempat yang dulu tak berbentuk itu kini disulap menjadi destinasi wisata dengan pemandangan yang menarik.

Luasnya sekitar 3 hektare. Selain pemandangan yang indah, terdapat sejumlah fasilitas bagi pengunjung mulai dari gazebo-gazebo, musala, WC umum, dan lainnya. Hanya dengan Rp5.000, pengunjung dapat menikmati kesegaran suasana pegunungan.

Lalu apa keunikan Hutan Kota Mayasih? Pantauan cirebonplus.com Ahad (18/12), yang khas dari tempat itu adalah keberadaan bongkahan batu besar. Tak hanya besar, bongkahannya juga tinggi dan unik.

Keberadaan tebing-tebing juga melengkapi keindahan Hutan Kota Mayasih. Inilah yang menjadi daya pikat bagi para pengunjung.

Bagi masyarakat yang ingin datang berkunjung, cirebonplus.com menyarankan agar datang pagi-pagi atau sore harinya. Dipastikan, saat-saat itulah waktu terbaik untuk menikmati keindahan Hutan Kota Mayasih.

Sinar matahari tidak terlalu menyengat ketika menyusuri hutan kota. Di sini kita dapat mengabadikan setiap momen bersama bongkahan batu yang menjulang tinggi dan alam nan indah.

Cobalah untuk rehat sejenak di salahsatu gazebo yang tersedia. Nikmati sejuk dan bersihnya udara Cigugur. Tarikan nafas yang dalam bisa mengalirkan udara sehar ke paru-paru.

Bila ingin mendapatkan sensasi yang lebih. Sekejap saja pejamkan mata di tempat itu, lalu pelan-pelan dengarkan suara gesekan daun tertiup angin sepoi-sepoi. Bila beruntung, akan dapat bonus suara merdu kicauan burung dari kejauhan.

Belum habis. Bagi yang ingin melengkapi kesan menyenangkan di kawasan itu, bergeserlah menuju taman indah berbentuk lingkaran yang menyuguhkan pepohonan dan bunga-bunga cantik nan lebat di tengah-tengahnya.

Di setiap pinggir lingkaran terdapat tempat duduk yang dibatasi tiang-tiang kecil. Taman berbunga itu dijadikan persinggahan bagi pengunjung untuk menikmati sinar matahari dan tiupan angin sambil berswafoto.

Bagi para pengunjung yang baru sekali datang, tidak perlu takut tersesat saat menyusuri Hutan Kota Mayasih. Pasalnya, di sela-sela gundukan batu terdapat penanda jalan yang menjadi penunjuk arah bagi perjalanan wisatawan. Penasaran? Pastikan weekend di minggu ini Anda bersama orang terkasih bisa mengunjungi tempat ini. (*)

Related posts