kuping kiri

WTC Jadi Zona Industri, Ketua DPC PPP: Perhatikan SDM dan SDA Setempat

WTC Jadi Zona Industri, Ketua DPC PPP: Perhatikan SDM dan SDA Setempat

Cirebonplus.com (C+) – Wilayah timur Cirebon (WTC) akan dijadikan zona industri. Terkait hal ini, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Cirebon, Drs H An’im Falakhudin angkat bicara.

Menurut An’im, pemberlakuan zona industri di WTC harus benar-benar memperhatikan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA). Keduanya harus lebih maju.

“Menjadi zona industri, wilayah Cirebon timur harus lebih maju dari segi pembangunan dan ketenagakerjaan. Pihak perusahaan harus melakukan padat karya bukan padat modal,” tandas An’im.

Jika hal seperti itu diperhatikan, menurut An’im WTC akan mengalami perkembangan pesat. Perekonomian akan lebih baik dan dapat mengurangi tingkat pengguran.

“Untuk itu, harapan saya dengan adanya zona industri ini bisa mengurangi pengangguran di wilayah yang terdapat aktivitas industrinya,” tambahnya.

An’im juga menginginkan agar zona industri ini peduli terhadap lingkungan, karena banyak lahan pertanian di wilayah Cirebon timur. “Zona industri pasti ada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), misalnya petani garam dan padi. Petani garam dan beras harus diutamakan jangan sampai hilang, karena untuk generasi yang akan datang,” tukas dia.

Sebagai anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, An’im mengaku belum mendapatkan data RTRW khusus lahan abadi untuk pertanian yang ditetapkan Dinas Pertanian. Baginya, solusi yang tepat untuk wilayah industri harus memberikan batasan agar tidak merusak sumber daya alam (SDA) dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. (M Surya/C+3)

Related posts