kuping kiri

Ada 63 Penderita Kanker Payudara di Cirebon, Perempuan Diajak Deteksi Dini

Ada 63 Penderita Kanker Payudara di Cirebon, Perempuan Diajak Deteksi Dini

Cirebonplus.com (C+) – Penyakit kanker menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan. Karena itu, sangat penting bagi perempuan untuk melakukan deteksi dini terhadap jenis penyakit ini, terutama kanker payudara.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati usai menghadiri peringatan Hari Kanker Payudara Sedunia yang digelar Yayasan Peduli Kanker Payudara (YPKP) Kota Cirebon di Cirebon Superblock (CSB), Minggu (10/2).

Dalam kesempatan itu ia mengimbau agar kaum Hawa dapat mendeteksi gejala penyakit kanker payudara sedini mungkin. “Jika gejalanya sudah terdeteksi lebih awal, maka penanganannya akan lebih cepat,” tandas dia.

Berdasarkan catatan RSUD Gunung Jati, lanjut Eti, terdapat 63 penderita kanker payudara. Data tersebut perlu disinkronkan dengan yang dimiliki YPKP sebagai bahan untuk ikut memberikan penanganan dan support.

“Adapun yang lebih penting adalah penanganan sejak dini. Itu perlu kesadaran tiap perempuan,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua YPKP Cirebon, Tresnawati mengungkapkan, peringatan hari kanker merupakan bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan agar terhindar dari salahsatu penyakit yang mematikan itu.

“YPKP mengusung program Periksa Diri Sendiri (Sadari) untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini,” ujarnya. (Dewo/C+2)

Related posts