kuping kiri

Ade Somantri Bekerja hingga Ada Kuwu Definitif, Camat Gebang: Pilkuwu Serentak Akhir 2019

Ade Somantri Bekerja hingga Ada Kuwu Definitif, Camat Gebang: Pilkuwu Serentak Akhir 2019

Cirebonplus.com (C+) – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Gebang menunjuk salahsatu pegawainya Ade Somantri sebagai Penjabat (Pj) Kuwu Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Ade menggantikan Mohammad Toyib yang masa jabatannya telah habis.

Rabu (26/12), Ade Somantri dilantik langsung oleh Camat Gebang, Asep Nurdin. Tampak hadir dalam pelantikan di aula Desa Gebang Kulon itu, jajaran Muspika Gebang, anggota BPD, perangkat desa, semua lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Gebang, Asep Nurdin menyampaikan terima kasih kepada mantan Kuwu Toyib yang telah memimpin Gebang Kulon lulus hingga akhir masa jabatan. Pasalnya, tidak semua kuwu bisa selesai masa jabatannya dengan mulus.

“Sekarang Pak Kuwu Toyib sudah menerima SK pemberhentian dengan hormat. Saya menilai, Pak Kuwu Toyib dengan segala lika-liku perjalanannya, problematika yang dihadapinya, beliau menghadapi dengan tawadlu dan tawakal, ahirnya alhamdulillah bisa selesai masa jabatannya dengan lancar sesuai dengan TMT terahir 21 Desember 2018,” papar dia.

Pihaknya baru menggelar pelantikan karena memang SK-nya baru turun. Menurutnya, untuk yang menjadi PJ kuwu harus berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan yang menunjuk bukan camat, tetapi berdasarkan musyawarah desa (musdes).

Saat musdes, sambungnya, yang diajukan adalah Ade Somantri, karena dianggap berpengalaman menjadi Pj kuwu. Setelah hasil musdes disetujui, langsung diajukan ke Pejabat Bupati Cirebon untuk di-SK-kan.

Untuk pemilihan kuwu (pilwu) serentak, lanjut dia, tahapan awal akan dimulai bulan Juli 2019 dan untuk pencoblosan pada bulan November atau Desember 2019. Adapun prosesnya nanti, BPD yang membuat dan menyusun tahapannya.

“Saya berharap kepada seluruh pernagkat desa segera konsolidasi internal supaya program bisa berjalan. Apa yang belum dilaksanakan silahkan dilanjutkan dan semoga masyarakat bisa ikut melihat dan memberikan masukan kepada pejabat kuwu yang baru karena masa kerjanya kurang dari satu tahun,” tutur dia seraya berpesan agar semua pihak bisa menjaga Desa Gebang Kulon bisa tetap kondusif, aman dan damai.

Sementara itu, Ketua BPD Gebang Kulon, Tasropin mengucapkan selamat bekerja dan bermitra dengan BPD kepada Pj Kuwu. Ia berharap Pj kuwu bisa melanjutkan program-program yang belum dilaksanakan.

“Kami berharap kepada pejabat kuwu yang baru mohon perhatikan kesejahteraan masyarakat tanpa pandang bulu,” kata dia, singkat. (Abdul Bari/C+2)

Related posts