kuping kiri

Agar Dana Desa Lebih Produktif, Pemkab Kuningan Dorong Inovasi Desa

Agar Dana Desa Lebih Produktif, Pemkab Kuningan Dorong Inovasi Desa

Cirebonplus.com (C+) – Dana Desa (DD) dari pusat telah digulirkan dalam beberapa tahun ini. Efeknya cukup terasa, terutama dalam membantu pembangunan berbagai fasilitas infrastruktur, seperti jalan desa, irigasi, senderan, lembaga pendidikan, dan lainnya.

Agar pembangunan bisa lebih akseleratif, pemerintah desa (pemdes) dituntut untuk memproduksi inovasi-inovasi bagi kemajuan desa. Hal inilah yang saat ini sedang didorong oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan.

Dalam upaya meningkatkan produktivitas dana desa, pemerintah melalui Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kuningan meluncurkan program inovasi desa yang bertujuan mendorong desa agar berinovasi dalam mendayagunakan segala potensi dan produk unggulan yang ada. Sehinggga tercipta pergerakan roda perekonomian di masyarakat desa.

“Program Inovasi Desa yang digagas Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmirasi (Kemendesa PDTT) memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berinovasi, sehingga bisa meningkatkan tarap hidup mereka,” ujar Bupati Kuningan, H Acep Purnama saat Sosialisasi P2KTD dan Rakor TIK Kabupaten Kuningan di Hotel Montana Sangkanhurip, Selasa (2/10).

Kegiatan tersebut diikuti para kepala desa, Bidang SKPD terkait, komponen masyarakat, perguruan tinggi, perbankan, LSM yang tergabung dalam TIK, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat, dan ketua Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

“Ini untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas,” kata dia.

Bupati Acep berharap, dengan kegiatan itu dapat meningkatkan produktivitas serta kemandirian ekonomi rakyat dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing, melalui sentuhan inovasi-inovasi yang berkaitan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. (Ril/C+4)

Related posts