Home Headline APD Penanganan Covid-19 Langka, di RSUD Waled Stok Masker Hanya untuk 2 Hari Lagi

APD Penanganan Covid-19 Langka, di RSUD Waled Stok Masker Hanya untuk 2 Hari Lagi

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Penanganan Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sudah memasuki pekan kelima. Jumlah pasien terus bertambah.

Per hari ini Selasa (31/3/2020) ada 26 PDP dan 2 pasien positif yang ditangani. Sebanyak 7 PDP dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, sisanya 19 yang masih dirawat intensif di ruang isolasi sejumlah rumah sakit daerah.

Namun, saat ini pihak rumah sakit mulai menghadapi kelangkaan sejumlah alat pelindung diri (APD) standar medis. Terutama alat-alat yang tidak bisa digunakan terus menerus atau sekali pakai.

Kelangkaan APD diakui Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, dr Hj Dwi Sudarni MARS. Menurutnya, APD yang mengalami kelangkaan khususnya adalah masker N-95 standar medis untuk penanganan virus Corona.

“Kami sudah merawat pasien (positif dan diduga Covid-19) sejak awal bulan Februari 2020. Sudah banyak memakai dan mengeluarkan APD. Saat ini stoknya menipis, khusus untuk masker N-95,” ujar dr Dwi kepada CirebonPlus, Selasa sore (31/3/2020).

Sejauh ini untuk memperbanyak stok pihaknya sudah mencari masker N-95 ke sejumlah pihak. Semua distributor sudah dihubungi, tetapi semua menyampaikan stoknya habis.

Dikatakan, ketersediaan masker N-95 di RSUD Waled hanya cukup untuk dua hari penanganan lagi. Itu pun kalau tidak ada penambahan PDP yang dirujuk ke rumah sakitnya.

“(Hanya untuk) dua hari lagi. Yang juga menipis ketersediaannya adalah jas dokter, face-shield, dan coverall,” ungkap dr Dwi seraya mengatakan, pihaknya sangat terbuka bila ada yang memiliki barang-barang tersebut untuk diberikan ke RSUD Waled.

Pihaknya juga membuka partisipasi publik untuk ikut membantu kebutuhan APD. Untuk menyosialisasikan program tersebut Bagian Humas RSUD Waled membuat flyer dan pamflet untuk di-share ke sejumlah media sosial.

Sebagaimana tertulis di flyer sejumlah peralatan yang dibutuhkan selain masker N-95, antara lain surgical mask, goggle glass, faces-hield, cover all suit, disposable gown, sarung tangan bedah panjang, sarung tangan, sepatu boot, nurse cup, shoe cover, hand sanitizer, dan lainnya. Jika ada yang berkenan untuk membantu bisa hubungi ke nomor 0821-3652-7972 atau 0852-2117-6661.

Kesulitan yang sama juga dialami RSUD Arjawinangun. Karena kelangkaan dan kesulitan mencari sejumlah item APD, pihak manajemen RSUD juga membuka partisipasi atau donasi untuk pengadaan berbagai kebutuhan tersebut melalui kontak Bagian Humas 081313549905. (Dewo)

Related Articles