kuping kiri

BBWS: Solusi Banjir Tak Hanya Normalisasi, Aliran Sungai juga Harus Bebas Sampah

BBWS: Solusi Banjir Tak Hanya Normalisasi, Aliran Sungai juga Harus Bebas Sampah

CIREBON (Ci+) – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 2017, Komunitas Peduli Sungai bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon dan BBWS Cimanuk-Cisanggarung menggelar bersih-bersih sampah di sungai. Kegiatan digelar secara serentak di beberapa daerah aliran Sungai Cimanuk dan Cisanggarung.

Kegiatan ini melibatkan beberapa tim peduli sungai dan lingkungan di daerahnya masing-masing. Untuk aksi bersih-bersih di Sungai Ciberes dipusatkan di kawasan Baro, Gebang, Minggu (19/3).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Cirebon, H Sunjaya Purwadisastra dengan kepala BBWS. Mereka juga secara simbolis ikut memungut sampah sungai.

Bupati Sunjaya menyampaikan, di Hari Air Sedunia 2017 Pemkab Cirebon bersama pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung melakukan aksi bersih-bersih di wilayah sekitar sungai. Kegiatan ini merupakan salahsatu kepedulian bersama.

Ia berharap semua elemen masyarakat Kabupaten Cirebon agar dapat memikirkan bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih. Karena air adalah sumber kehidupan manusia dan kualitas air bersih masyarakat dilihat dari kondisi sungai itu sendiri.

“Kita lihat sendiri kondisi sungai seperti yang kita lihat ini. Harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya hari, tapi rutin supaya tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis dan higienis,” papar dia.

Sementara itu, Kepala BBWS Carisal Afianmanu berharap, aksi bersih-bersih dalam rangka Hari Air tidak sebatas seremonial. Tapi harus dilakukan secara rutin, baik setiap Hari Jumat maupun hari lainnya.

“Karena ini tanggung jawab kita bersama. Solusi penangann banjir tidak hanya dengan normalisasi, tapi sebenarnya bagaimana kesadaran kita dalam memikirkan sampah yang sekarang sudah banyak menumpuk di sungai,” ujarnya. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts