kuping kiri

Beri Motivasi Anggota di 9 Posko Mudik, Ketua PCNU dan GP Ansor Kabupaten Cirebon Ikut Atur Lalin

Beri Motivasi Anggota di 9 Posko Mudik, Ketua PCNU dan GP Ansor Kabupaten Cirebon Ikut Atur Lalin

Cirebonplus.com (Ci+) – Malam terakhir jelang Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, sesuai kalender pemerintah, arus mudik di jalur pantura Cirebon padat merayap. Sejumlah posko yang didirikan sejumlah organisasi tampak dipadati para pemudik yang menuju arah Jawa Tengah, termasuk tenda keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

Di sepanjang perbatasan Cirebon-Indramayu hingga Losari, ada banyak posko yang didirikan organisasi NU, terutama yang digerakkan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Para anggota organisasi pemuda NU itu tampak berjaga-jaga di posko mudik, jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk memberikan motivasi kepada para anggota yang berjaga, Jumat malam (23/6) Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi mengunjungi sejumlah posko mudik. Kedatangan Kang Aziz, sapaan akrabnya, didampingi Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon H Ujang Busthomi (Kang Ujang) dan Komandan Satkorcab Banser Kabupaten Cirebon Abdurrohman (Kang Rohman).

Salahsatu posko mudik yang dikunjungi berada di jalan by pass Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun. Pantauan cirebonplus.com, saat dikunjungi anggota GP Ansor dan Banser tampak sedang sibuk ikut mengatur lalu lintas (lalin), sebagian lagi melayani pemudik sambil menunggu giliran berjaga mengatur pengguna jalan.

Tak langsung duduk, Kang Aziz bersama Kang Ujang dan Kang Rohman langsung ikut memantau lalu lintas pemudik. Bahkan ketiganya sempat meminjam tongkat lampu untuk ikut mengatur lalu lintas kendaraan pemudik.

Menurut Kang Ujang, berdirinya tenda-tenda di sepanjang wilayah Kabupaten Cirebon merupakan bagian dari upaya menyukseskan program PP GP Ansor yang membuat ribuan titik posko mudik di Indonesia, terutama Pulau Jawa. Di Cirebon sendiri GP Ansor dan Banser membuat 9 titik posko yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Kabupaten Cirebon.

Sementara Kang Aziz menambahkan, PCNU berkewajiban memberikan support kepada GP Ansor Kabupaten Cirebon yang sedang membantu pengguna jalan yang hendak bertemu keluarganya di kampung halaman. Ia salit karena GP Ansor dan Banser selalu istiqomah terhadap aksi sosial membantu masyarakat.

Ia mengimbau kepada para khadim ulama, GP Ansor dan Banser agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemudik. “Jika mereka beristirahat di posko, pemudik adalah musafir, sehingga kita wajib memberikan bantuan dan pelyanan kepada mereka,” kata Pembina Pondok Pesantren Assalafie Babakan, Kecamatan Ciwaringin itu. (*)

Laporan: Khairun Yasir

Related posts