kuping kiri

Bila PDIP Sepaket Ada 12 Kemungkinan, Siapa Pendongkraknya?

Bila PDIP Sepaket Ada 12 Kemungkinan, Siapa Pendongkraknya?

Catatan: Kalil Sadewo

PAKET kader PDIP jadi opsi yang paling banyak diinginkan internal Banteng. Banyak kader potensial, itu alasan mereka. Pengalaman, soliditas akar rumput, jejaring yang dimiliki, kekuatan tim, dan kondisi politik di Kabupaten Cirebon, dianggap sebagai penopang optimismenya.

Tetapi, optimisme bukanlah mitosisme. Tidak diukur dengan anggapan-anggapan atau mitos-mitos. Optimisme bersifat kalkulatif atas indeks variable-variabel yang memengaruhinya.

Sederhananya, untuk menang Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon butuh keunggulan-keunggulan, mulai dari paket calon, soliditas internal partai, militansi kader, logistik, hingga banyaknya partisipasi eksternal untuk ikut menyukeskan sang calon bupati dan wakilnya. Dua yang paling penting dari variabel di atas adalah paket calon dan soliditas internal partai. Keduanya saling menentukan. Paket calon yang dikehendaki internal, akan membentuk soliditas. Sebaliknya, internal yang solid akan sangat menguatkan pasangan calon. Sedangkan variabel lainnya merupakan produk turunan dari dua variabel tersebut.

Tulisan ini akan menganalisa variabel pertama yaitu kemungkinan dan potensi paket calon. Lebih spesifik lagi, tentang siapa yang dianggap paling memiliki sumber daya pengatrol kemenangan bila paket calon internal benar-benar diwujudkan.

Saya membaca hanya ada empat saja kader internal yang memiliki kans paling besar untuk dicalonkan atau dipaketkan PDIP. Mereka antara lain H Mustofa selaku ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, H Sunjaya Purwadisastra selaku bupati incumbent, Hj Dian Hernawa Susanti sebagai anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Cirebon, dan H Tarmadi selaku tokoh PDIP.

Bila ada empat, maka ada 12 kemungkinan paket pasangan yakni Mustofa-Sunjaya, Sunjaya-Mustofa, Mustofa-Dian, Dian-Mustofa, Mustofa-Tarmadi, Tarmadi-Mustofa, Sunjaya-Dian, Dian-Sunjaya, Sunjaya-Tarmadi, Tarmadi-Sunjaya, Dian-Tarmadi, atau Tarmadi-Dian. Saya tidak akan lebih jauh menganalisa paket mana yang potensial, dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saya lebih tertarik membedah siapa yang memiliki sumber daya pengatrol suara, baik saat dipasangkan sebagai calon bupati atau wakil bupati, dengan siapapun paketnya.

Prediksi saya jatuh kepada H Tarmadi. Dipasangkan dengan siapapun, pengusaha tambak yang ekspansi hingga ke luar Jawa itu akan mengatrol suara lebih signifikan. Berikut analisanya.

Pertama, untuk bertarung di Pilbup Cirebon butuh logistik dan Tarmadi dianggap memiliki kesiapan untuk itu. Kedua, Tarmadi dianggap sosok yang zero enemy atau sangat sedikit “musuh” di internal PDIP. Ketiga, Tarmadi memiliki hubungan baik dengan kultural Banteng. Keempat, Tarmadi memiliki networking ke DPP PDIP. Kelima, Tarmadi memiliki hubungan baik dengan lintas organisasi. Keenam, Tarmadi dianggap figur yang potensial untuk mewakili masyarakat wilayah timur Cirebon (WTC). Ketujuh, Tarmadi dianggap memiliki kepedulian yang terjaga di akar rumput di luar kader Banteng. Kedelapan, kedekatan Tarmadi dengan kalangan pesantren dan basis kultur religius yang didominasi warga Nahdlatul Ulama (NU).

Khusus untuk poin kedelapan, dianggap paling potensial. Pasalnya, kultur religius terbesar masyarakat Kabupaten Cirebon adalah NU dan akan menjadi irisan suara lain, selain aset pemilih militan PDIP. Masuknya Tarmadi dalam NU struktural setiap periode, hubungan yang sangat dekat dengan mayoritas pesantren, keterlibatannya dalam majelis-majelis kultural NU, dan perhatiannya terhadap kewirausahan warga NU, dianggap poin penting untuk menarik sebesar-besarnya suara dari kalangan Nahdliyin.

So, bila tak ada keraguan pada diri Tarmadi untuk maju dalam Pilbup Cirebon, potensi yang dimiliki tentu akan menjadi bahan pertimbangan PDIP. But, ini adalah teritori politik, analisa tak mesti sama, tergantung perspektifnya. Apalagi saya membacanya di luar area. Realitasnya juga berubah-ubah, sehingga kepada siapa rekomendasinya? Kita lihat saja. (*)

Penulis Adalah Pemimpin Redaksi cirebonplus.com

Related posts