kuping kiri

Bila Terpilih Pimpin PCNU Kabupaten Cirebon, Kang Aziz Siap Kembangkan Pesantren Kecil

Bila Terpilih Pimpin PCNU Kabupaten Cirebon, Kang Aziz Siap Kembangkan Pesantren Kecil

CIREBON (Ci+) – Salahsatu kiai yang didorong para ketua MWC Nahdlatul Ulama (NU) maju dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Kabupaten Cirebon Sabtu (25/2) mendatang, KH Aziz Hakim Syaerozi berkomitmen untuk mengembangkan pesantren, terutama yang kecil-kecil agar berkembang baik sarana prasarana, kuantitas santri, hingga kualitas keilmuannya. Gagasan tersebut disampaikan saat roadshow silaturahmi dan minta restu dengan rois Syuriah MWC.

Menurut Kang Aziz, sapaan KH Aziz Hakim Syaerozi, NU datang atau dimulai dari pesantren besar dan dalam programnya harus hadir dalam pengembangan pesantren kecil. Selama ini pesantren-pesantren besar telah memiliki kemandirian, punya networking, sarana memadai, dan kelebihan lainnya.

“Sedangkan pesantren-pesantren kecil punya banyak kekurangan. Dan ini haru menjadi perhatian dari kepengurusan PCNU mendatang, jangan dikesampingkan, karena mereka adalah penjaga ideologi Ahlussolunnah wal Jamaah yang tidak diragukan lagi nasionalismenya,” papar Pembina Pesantren Assalafie Babakan, Ciwaringin, Kabupaten Cirebon itu.

Kang Aziz mengatakan, pesantren juga harus dipastikan mengajarkan paham-paham ke-NU-an dengan kuat. Sehingga, saat lulus pesantren dan berkiprah di masyarakat akan tetap teguh dan takdim terhadap para ulama NU.

NU secara lembaga, sambungnya, juga harus menciptakan ruang bagi para santri berprestasi dan mau berkhidmat untuk menempuh pendidikan lebih tinggi, baik di universitas Indonesia maupun luar negeri. Sehingga regenerasi ulama NU berwawasan global akan terus menimgkat.

“Semua itu harus dilakukan dalan rangka penguatan basis Aswaja di Indonesia. Sehingga dapat menjadi benteng dari masuknya paham keagamaan yang merusak persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkas kiai yang berprofesi sebagai pengusaha itu. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts