BUMDes Se-Kecamatan Palimanan Ikut Pelatihan Manajemen

BUMDes Se-Kecamatan Palimanan Ikut Pelatihan Manajemen

CIREBON (Ci+) – Desa-desa di Kabupaten Cirebon terus berlomba-lomba mendirikan dan mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tetapi di antara kendala yang banyak ditemui adalah masalah manajemen dan teknis pengelolaannya.

Untuk mengatasinya, pihak stakeholders memfasilitasi pelatihan manajemen dan teknis pengelolaan BUMDes. Seperti dilakukan di Kecamatan Palimanan yang diikuti semua BUMDes di kecamatan setempat, Jumat (24/3).

Pantauan cirebonplus.com, pelatihan diisi oleh Kasi Ekbang Kecamatan Palimanan, Eva Noviana serta Pendamping Desa Muhammad Satori dan Samsul Anwar.

Materi pelatihan yang disampaikan antara lain teori dan praktik tentang gambaran umum dan manajemen BUMDes. Peserta juga dibekali materi manajemen kewirausahaan, pengembangan potensi bisnis di desa dengan pendekatan model bisnis, serta perencanaan usaha dan pelaporan keuangan sederhana.

Kasi Ekbang Kecamatan Palimanan, Eva Noviana mengatakan, pemerintah telah menerbitkan Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran BUMDes. Ketentuan itu menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes.

Berkaitan hal ini, kata dia, dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes agar transparan, efektif, efisien dan akuntable, maka pelatihan bagi pengelola di Kecamatan Palimanan adalah keharusan.

Pendamping Desa, Satori mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMDesa. Selain itu mampu memetakan potensi lokal desa dan pemanfaatannya, sehingga bisa mengurangi kemiskinan dan lain sebagainya.

“Pada dasarnya BUMDes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” tutur Satori. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts