Home CirebonRaya Cegah Anggota Terpapar, Polresta Cirebon Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

Cegah Anggota Terpapar, Polresta Cirebon Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Polresta Cirebon menggelar simulasi penanganan jenazah di tengah wabah Covid-19, Selasa (21/4/20). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan terhadap anggota yang bertugas melakukan penanganan langsung terhadap jenazah yang belum diketahui riwayatnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi SIK MSi melalui Paur Urkes Ipda Ilyas didampingi Kasubag Humas Iptu Sholeh mengatakan, simulasi ini digelar untuk melatih personel yang tergabung dalam Tim Inafis dan Tim Urkes Polresta Cirebon  tentang tata cara mengurus jenazah di tengah wabah Covid-19.

Dalam simulasi ini memperagakan penangangan jenazah yang tergeletak di pinggir jalan, dari mulai membungkus jenazah dengan menggunakan plastik hingga penyemprotan disinfektan.

Simulasi ini sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan dan WHO dari mulai pemasangan garis polisi, penggunaan APD, dan pembungkusan jenazah menggunakan plastik.

“Yang kita praktekkan mulai dari pemakaian alat pelindung diri hingga pembungkusan plastik. Semua sudah standar dari WHO,” sambung Ilyas.

Ilyas juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 bagi para anggota yang menangani dan kontak langsung dengan jenazah.

Simulasi ini untuk memudahkan tim yang terlibat saat menangani jenazah jika terjadi nantinya. Kemudian setelah dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pungkasnya. (Yasir/C+5)

Related Articles