Curug Cigentong, Air Terjun Indah tapi Belum Terjamah Pemerintah

Curug Cigentong, Air Terjun Indah tapi Belum Terjamah Pemerintah

DUKUPUNTANG (Ci+) – Tak banyak orang tahu kalau di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon ada air terjun. Atau banyak orang menyebutnya curug. Namanya Curug Cigentong yang berada di Blok Pagar Gunung, Desa Cipanas.

Lokasinya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Cirebon, Sumber. Jaraknya hanya sekitar 4 km ke barat atau sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk mencapai lokasi memang dibutuhkan fisik yang prima. Sebab saat sampai di Desa Cipanas, harus berjalan kaki sepanjang 1 km dengan medan yang cukup terjal melewati hutan, menyebrangi anak sungai, dan turunan tebing.

Dibutuhkan waktu tempuh dengan jalan kaki kurang lebih 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun Cigentong. Cukup menantang bukan!

Tapi tenang saja, saat tiba di lokasi, rasa lelah akibat perjalanan seketika akan hilang. Anda akan dimanjakan dengan keindahan Curug Cigentong.

Pepohonan rindang dan hijau dengan udara yang segar akan melengkapi pesona curug. Anda dijamin ingin berlama-lama menikmatinya.

Tapi sayang, potensi wisata alam yang luar biasa ini masih terabaikan. Potensi ini belum mendapatkan sentuhan maksimal dari Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Hal itu diakui tokoh pemuda Cirebon kelahiran Desa Cipanas, Ade Rahman. Menurutnya, potensi wisata ini belum sepenuhnya mampu memberikan daya dongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Padahal cukup bagus dan strategis bila dikembangkan.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sekitar lokasi air. Bahkan akses jalan menuju Desa Cipanas kondisinya rusak.

Belum ada manajemen pengelolaan apapun. Yang ada hanya support dari Perhutani.

“Itupun dilakukan gotong royong bersama masyarakat Pagar Gunung misalnya dalam membersihkan semak belukarnya. Dengan pengelolaan alakadarnya memang sudah ada penarikan retribusi Rp4.000,” ungkap Ade.

Pengelola curug Rudi didampingi pemuda setempat, Deden mengatakan, setiap harinya ada saja pengunjung yang datang ke Curug Cigentong. Apalagi hari Sabtu dan Ahad bisa mencapai 50 orang.

Tidak hanya masyarakat Dukupuntang, tapi juga daerah lain, meskipun belum banyak. Karena memang belum banyak diketahui warga luar Dukupuntang.

Baru-baru ini ada yang membuar warung makanan dan minuman untuk para pengunjung. Tepatnya di sekitar akses jalan menuju lokasi air terjun.

“Tahun 2016 tepatnya bulan September baru dilakukan pembersihan semak belukar menuju tempat lokasi. Hanya saja memang belum cukup untuk pengembangan wisata di Desa Cipanas,” lanjut Rudi.

Terpisah, Ketua RW 01 Pagar Gunung, Nani berharap Pemkab Cirebon bisa mengoptimalkan potensi wisata Curug Cigentong. Sehingga mampu menjadi daya tarik pengunjung dan mendongkrak ekonomi masyarakat Desa Cipanas, di Blok Pagar Gunung.

Laporan: Mahrus Ali

Related posts