Home Headline Dibuka Uji Swab Tahap Dua untuk Santri Pesantren di Kabupaten Cirebon

Dibuka Uji Swab Tahap Dua untuk Santri Pesantren di Kabupaten Cirebon

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Uji swab tahap pertama terhadap para santri telah dilakukan dan hasilnya telah diserahkan dari Gugus Tugas Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Cirebon kepada Rabthoh Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Kabupaten Cirebon. Pemeriksaan tahap awal tersebut dilakukan terhadap ratusan santri asal Kabupaten Cirebon yang akan kembali ke pesantrennya masing-masing.

Senin (15/6/2020), Ketua RMI-NU PCNU Kabupaten Cirebon, KH Badrudin Hambali menyampaikan informasi terbaru soal pemeriksaan swab santri tahap kedua. Kali ini sasarannya selain santri yang akan berangkat mondok ke luar daerah, juga bagi santri asal Kabupaten Cirebon yang mesantren di dalam daerah.

“Hari ini kami dapat kabar soal rencana pemeriksaan swab tahap dua. Kuotanya ratusan. Infonya, alat dan tim medis siap untuk melakukan pemeriksaan,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Bode, Plumbon, Cirebon itu.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada para santri yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan, terutama uji swab dan rapid test bisa datang langsung ke Covid-19 Center yang ada di lingkungan Stadion Watubelah, Sumber.

Lebih lanjut Kang Bad, sapaan akrabnya, meminta agar diutamakan santri yang akan berangkat ke pesantren pekan ini. Pasalnya, surat sehat yang merupakan pengantar untuk masuk pesantren sebagaimana protokol Covid-19 , sejauh ini masa berlakunya hanya satu minggu.

“Bagi yang masih lama kembali ke pesantrennya, lebih baik tahan dulu. Utamakan yang akan kembali ke pesantren pekan ini, sehingga efektif, prioritas, dan tepat sasaran,” lanjut Kang Bad.

Secara teknis pihaknya akan berkoordinasi dengan pesantren-pesantren di Kabupaten Cirebon, terutama untuk jadwal masuk pesantren. Sehingga dapat diprioritaskan bagi santri yang kebutuhannya mendesak.

Kang Bad menyampaikn terima kasih kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon dan Pemkab Cirebon yang kembali memberikan kuota untuk uji swab santri. Perhatian Gugus Tugas juga masih dibutuhkan, karena jumlah santri di Kabupaten Cirebon, terutama yang mesantren di dalam daerah jumlahnya sangat banyak. (Kustano)

Ilustrasi: Net

Related Articles