Home Headline Disdukcapil Buka Setengah Hari, Dewan Pastikan Pelayanan Masih Normal

Disdukcapil Buka Setengah Hari, Dewan Pastikan Pelayanan Masih Normal

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Meski di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun untuk berbagai pelayanan dasar Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon dituntut untuk tetap maksimal. Salahsatunya adalah pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon.

Untuk mematikan pelayanan tetap maksimal, Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Disdukcapil Kota Cirebon, Selasa (21/4). Komisi I ingin tahu secara langsung pelayanan catatan sipil tetap berjalan.

“Kami ingin memastikan agar pelayanan catatan sipil tetap berjalan, meski dalam kondisi pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Komisi I DPRD, Tunggal Dewananto.

Pihaknya melihat ada beberapa mekanisme pelayanan yang berubah, terutama menyesuaikan dengan pencegahan virus Corona. Namun, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sejauh yang dilihat sudah cukup baik.

“Walaupun ada beberapa mekanisme yang berubah, seperti sistem pelayanan melalui WhatsApp (WA), memang untuk mencegah penyebaran virus juga, sampai sekarang itu masih berjalan dengan baik,” sambungnya.

Anggota Komisi I, Dani Mardani SH MH menambahkan, masyarakat perlu memahami kondisi saat ini. Agar pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil tetap optimal.

“Meski dilihat dari kuantitas pelayanan, terbatas dengan jam kerja, hanya sampai jam 12 siang. Tapi itu tetap bisa optimal. Jadi saya kira, masyarakat bisa memahami dan menyikapi secara arif berkaitan dengan kondisi saat ini,” ujarnya.

Walaupun terbatas jam kerja, lanjut Dani, dari data yang ada Disdukcapil setidaknya masih melakukan tak kurang dari 145 layanan per hari. Pihaknya berharap pelayanan tidak menurun, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kami di DPRD dan Disdukcapil sebagai penyelenggara pemerintah daerah berupaya untuk terus melayani yang terbaik. Saya harap semua bisa saling memahami,” tuturnya. (Kustano/C+3)

Related Articles