kuping kiri

Geger Gempa Guncang Cirebon? Ini Data dan Informasinya

Geger Gempa Guncang Cirebon? Ini Data dan Informasinya

Cirebonplus.com (C+) – Senin pagi (1/10) ini jagat maya geger dengan informasi terjadinya gempa bumi di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Di sejumlah grup Whatsapp (WA) beberapa orang mengaku merasakan getaran lindu, istilah bahasa Cirebon untuk menyebut gempa bumi, namun sebagian mengaku tidak merasakannya.

“Iya saya sebelum subuh seperti merasakan ada getaran. Tapi tidak tahu itu getaran apa. Pas saya lihat di akun facebook ternyata ramai membahas gempa di Cirebon,” ujar Ahmad Mubarok di grup WA Satu Cirebon.

Penelusuran cirebonplus.com, informasi pertama yang beredar di media sosial (medsos) berasal dari akun fanpage Info Gempa Dunia sekitar pukul 06.30. Screenshots gambarnya membanjiri berbagai medoso mulai dari facebook, WA, hingga intagram.

Akun facebook Info Gempa Dunia merilis info gempa magnitude 3,1 skala richter (SR) terjadi pada tanggal 1 Oktober 2018 pukul 03.23.06. Di akun tersebut juga menyebut titik ordinat gempa berada pada 6,80 Lintang Selatan (LS) dan 108, 45 Bujur Timut (BT atau tepatnya 13 kilometer barat daya Kota Cirebon, Jawa Barat.

Di grup WA Info Bencana Majalengka, saat ditanya tentang validitas informasi gempa, salahseorang petugas BMKG atas nama Faizin. Tetapi ia menginformasikan basis gempa dari titik ordinat Kuningan.

Menurutnya, gempa magnitude 3,3 SR di tanggal dan jam yang sama dengan rilis fanpage facebook Info Gempa Dunia. Tetapi hanya beda di satuan detiknya saja yakni pukul 03.23.08 atau selisih 2 detik. Untuk titik ordinat gempa juga berbeda, yakni pada 6,85 Lintang Selatan (LS) dan 108, 44 Bujur Timut (BT) atau tepatnya 15 kilometer barat laut Kuningan.

Tidak ada keterangan lebih lanjut yang memperjelas informasi tersebut. Saat cirebonplus.com membuka website resmi www.bmkg.go.id milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat, hingga berita ini diterbitkan belum ada update informasi gempa Cirebon dan sekitarnya di berandanya. Padahal website ini selalu meng-update setiap gempa yang terjadi setiap waktu, seperti terbaru yang terjadi di Sulawesi Tengah. (*)

Laporan: Abu Mutamakkin

Related posts