Guyub, Semua Jam’iyah di Tegalgubug Peringati 1 Muharam dengan Aneka Kegiatan Selama 5 Hari

Guyub, Semua Jam’iyah di Tegalgubug Peringati 1 Muharam dengan Aneka Kegiatan Selama 5 Hari

Cirebonplus.com (C+) – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah, Forum Koordinasi Antar Jam’iyah (FKAJ) Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun menggelar istighotsah dan karnaval Kamis (21/9). Rangkaian acara digelar sejak Minggu (17/9) hingga tadi malam.

Ketua Pelaksana Kegiatan H Sangidi Anwar mengatakan, kegiatan ini digelar rutin setiap tahunnnya. Namun untuk tahun ini diperingati di malam 2 Muharam, karena pada tanggal 1 Muharam digelar doa bersama di masing-masing musala.

“Seperti biasa acara ini dipusatkan di Masjid Al Ibrohimiyah Tegalgubug Lor sejak malam Minggu. Diawali MTQ tingkat SD/MI, cerdas cermat, dan lomba lainnya,” ujar Kiai Sangidi.

Sedangkan untuk acara puncak selain istighotsah juga diisi dengan sunatan masal, dan ditutup dengan karnaval atau pawai obor ribuan santri-murid dari seluruh sekolah dan pondok pesantren di Tegalgubug.

Untuk acara istighotsah banyak ulama yang hadir seperti KH Marzuki Rohmat Mahtum, KH Zamzami Amin dari Babakan Ciwaringin, dan lainnya. Tampak pula sejumlah bakal calon bupati Cirebon seperti H Rakhmat, H Kalinga, dan H Yatsawi.

Dalam kesempataan itu sesepuh Tegalgubug Lor, KH Rohmatullah Muslim mengajak seluruh masyarakat Tegalgubug untuk berdo’a bersama demi desa daerah agar tidak diganggu pihak-pihak asing yang akan menghancurkan masyarakat. “Mari berdoa demi ketenteraman desa kita agar tidak diganggu pihak lain yang akan menghancurkan kita,” tuturnya. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts