Hanura Mantap Gabung dengan PKB di Pilbup 2018, Siapapun Calonnya Tak Masalah

Hanura Mantap Gabung dengan PKB di Pilbup 2018, Siapapun Calonnya Tak Masalah

Cirebonplus.com (C+) – Proses politik menuju Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon 2018 terus berjalan. Partai politik (parpol), terutama pemilik kursi di parlemen daerah terus menjajaki koalisi, menyatukan visi partai dan tokoh yang bakal diusung.

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten  Cirebon misalnya, terus memantapkan komunikasi dengan partai lain serta bakal calon bupati dan wakil bupati. Berdasarkan intensitas kebersamaan dan komunikasi yang dilakukan elitnya, Hanura sepertinya condong kepada bakal calon bupati (bacabup) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H Muhammad Luthfi.

Kepada cirebonplus.com, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Cirebon, H Yatsawi mengatakan, meski belum menjadi koalisi permanen, pihaknya sudah menentukan bacabup yang akan diusung yaitu Luthfi. Selain dengan PKB, sejauh ini pihaknya intens membangun komunikasi koalisi seduluran dengan elit partai politik lain.

“Kalau koalisi secara permanen sih belum mas, tapi kalau komunikasi intens ya sering. Artinya dengan partai yang lain seperti Golkar sudah komunikasi serius, karena suka tidak suka saya sampaikan, yang mempunyai pengalaman di Pilbup 2013 adalah Kang Luthfi,” kata pria yang akrab disapa Kang Yayat itu kepada cirebonplus.com, Kamis (10/8).

Selain itu, sambungnya, faktor perolehan kursi menjadi pertimbangan berikutnya. PKB sendiri memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Cirebon dan merupakan terbanyak kedua setelah PDIP.

“Karena itu, hayu kita bersatu merapatkan barisan untuk perubahan Kabupaten Cirebon,” kata dia saat diwawancarai di sekretariat DPC Partai Hanura, Perumahan Kaliwulu, Plered.

Ditanya soal rekomendasi, Yayat mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada partai. Di Partai Hanura sendiri proses rekomendasi ada mekanismenya, mulai tingkat DPC, DPD, hingga DPP. Pihaknya juga tidak mempermasalahkan bila dirinya tidak direkom.

“Saya mencalonkan wakil bupati dan untuk calon bupati saya tetap Kang Luthfi. Padahal kalau PKB ada 8 kursi dan Hanura 3 kursi kita cukup untuk mengusung. Tetapi kita menghormati partai lain untuk bisa bergabung,” lanjut dia. (*)

Laporan: Mahbullah

Foto: Internet

Related posts