Sekjen PBNU: Kiai Makhtum 1 dari 9 Ulama Khos NU, Rencananya Akan Hadiri Pertemuan Khusus di Rumah KH Maimun Zubair

Sekjen PBNU: Kiai Makhtum 1 dari 9 Ulama Khos NU, Rencananya Akan Hadiri Pertemuan Khusus di Rumah KH Maimun Zubair

CIREBON (Ci+) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H Helmy Faisal Zaini takziyah ke rumah duka KH Makhtum Hannan, Sabtu malam (21/1). Ia datang bertepatan dengan tahlil hari pertama sekitar pukul 20.00.

Ia pun diberikan waktu menyampaikan ungkapan duka cita atas nama PBNU. Di depan jamaah tahlil, tokoh nasional kelahiran Cirebon itu mengatakan, PBNU merasa kehilangan atas wafatnya KH Mahtum Hannan, Musytasyar PBNU.

“Wafatnya ulama yang alim dan zuhud jelas adalah musibah bagi kita semua yang ditinggalkan. Lahirnya tokoh seperti beliau membutuhkan waktu yang lama,” tutur Helmy.

Menurutnya, KH Mahtum Hannan rencananya hendak hadir di acara tatap muka para kiai dengan sembilan kiai khos anggota Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA). Kiai Makhtum sendiri merupakan satu dari sembilan kiai khos di Indonesia yang dimiliki NU.

“Tapi Allah berkehendak lain. Beliau, al maghfurlah wafat lebih dulu sebelum acara itu digelar yang rencananya bertempat di kediaman KH Maemun Zubair Rembang. Padahal kita semua masih membutuhkan keteladanan beliau,” lanjut Helmy.

Beliau, sambungnya, adalah sosok yang menjadi panutan dan hingga akhir hayatnya sebagai pengurus PBNU. Karena itu, warga NU hendaknya dapat meneladani para ulama, termasuk al maghfurlah Romo Kiai Mahtum Hannan. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts