kuping kiri

Ini 10 Besar Kota Toleran Versi Setara Institute, di Jawa Hanya 3

Ini 10 Besar Kota Toleran Versi Setara Institute, di Jawa Hanya 3

Cirebonplus.com (C+) – Penghargaan diberikan Setara Institute kepada sepuluh daerah dengan ranking tertinggi dalam bertoleransi di tahun 2018. Hal itu didasarkan pada penilaian terhadap Indeks Kota Toleran (IKT).

Berdasarkan penilaian Setara Institute, daerah dengan skor tertinggi berdasarkan indeks toleransi adalah Singkawang (6,513). Kedua ditempati Salatiga dengan skor 6,477 dan ketiga Pematang Siantar skor 6,280.

Untuk urutan keempat hingga kesepuluh yakni Manado skor 6,030, Ambon skor 5,960, Bekasi skor 5,890, Kupang skor 5,857, Tomohon skor 5,833, Binjai skor 5,830, dam Surabaya dengan skor 5,823.

Berdasarkan keterangan pers akhir pekan lalu, untuk menentukan 10 kota toleran, Setara Institute melakukan pengkajian terhadap 94 kota di Indonesia. Yang diukur adalah praktik toleransi yang dilakukan oleh pemerintah kota.

Dalam peniliaan, terdapat empat variabel yang diukur salahsatunya regulasi pemerintah kota meliputi indikator rencana pembangunan dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan kebijakan diskriminatif. Berikutnya variabel tindakan pemerintah yang diukur antara lain pernyataan dan tindakan nyata dari pejabat kunci terkait peristiwa intoleransi.

Variabel yang ketiga, regulasi sosial dengan indicator yang diukur adalah peristiwa intolerasi dan dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleransi. Variabel terakhir demografi agama dengan indikator heterogenitas keagamaan penduduk dan inklusi sosial keagamaan.

Teknis penilaiannya, Setara Institute menggunakan skala poin 1 hingga 7. Untuk poin 7 menggambarkan situasi paling baik pada masing-masing indikator untuk mewujudkan kota yang toleran. Sedangkan untuk menjamin validitas data penelitian, Setara Institute menggunakan teknik triangulasi sumber dan pertemuan dengan para ahli.

Lalu, apa tujuan penilaian tersebut? Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan, kajian dilakukan untuk memicu kota-kota di Tanah Air dalam menjunjung tinggi praktik toleransi di daerahnya masing-masing. Selain itu, juga sebagai bentuk promosi bagi kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi. (Dewo/C+1)

Foto: Net

Related posts