kuping kiri

Jalan Santai Kedongdong Sehat Semarak, Warga Antusias

Jalan Santai Kedongdong Sehat Semarak, Warga Antusias

CIREBON (Ci+) – Ratusan warga Desa Kedongkong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon mengikuti jalan sehat, Minggu (12/3). Kegiatan tersebut diselenggarakan pemerintah desa (pemdes) bekerjasama dengan mahasiswa KKM Unswagati, dan juga dibantu Pendamping Lokal Desa.

Jalan sehat mengambil start di depan Balai Desa Kedongdong. Rutenya keliling sejumlah ruas jalan utama dan finish di kantor desa.

Menurut Pendamping Lokal Desa, Sokid, selain jalan sehat, panitia menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pertunjukan kesenian daerah oleh Sanggar Sekarpandan, bazar, hiburan, dan ramah tamah.

“Kami ingin memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat. Masyarakat harus ikut menikmati atas keberadaan mahasiswa KKM Unswagati,” ujar Sokid kepada cirebonplus.com.

Sokid mengatakan, keberadaan KKM Unswagati sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bukti bahwa institusi benar-benar mengamalkan tridarma perguruan tinggi.

“Kami juga memberikan upaya pemberdayaan masyarakat. Untuk kegiatan Kedongdong Sehat didasarkan atas adanya kebutuhan hidup sehat yang seringkali dikesampingkan oleh rutinitas yang ada,” paparnya.

Kuwu Desa Kedongdong, Tarman SIP mengungkapkan, tahun ini desanya menjadi poros percontohan desa lain di Kecamatan Susukan. Untuk itu aktivitas positif dan bermanfaat buat masyarakat yang dasar pemikirannya adalah membangun desa, sehingga desa menjadi maju dan sejahtera.

Dikatakan, ujuan tersebut bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak. Acara seperti itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama mereka yang memeriksakan kesehatannya.

“Dengan adanya acara kerjasama KKM PKM Unswagati, tim dokter, dan Pemdes Kedongdong, masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya. Harapan ke depan acara seperti ini diharapkab bisa terselenggarakan kembali,” kata Tarmin. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts