kuping kiri

Kawasan Pecinan Jamblang Bakal Ditata, Bangunan Tua Bisa Jadi Destinasi Wisata

Kawasan Pecinan Jamblang Bakal Ditata, Bangunan Tua Bisa Jadi Destinasi Wisata

Cirebonplus.com (C+)– Wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon yang akan menjadikan bangunan tua peninggalan Belanda di Kecamatan Jamblang sebagai destinai wisata seperti Kota Tua di Jakarta, disambut sejumlah pihak. Tak terkecuali Camat Jamblang, Drs Abadi.

Camat sangat berharap bangunan-bangunan tua di Kecamatan Jamblang, khusunya di kawasan Pecinan bisa diwujudkan jadi tempa wisata. Sebab, di kawasan tersebut terdapat bangunan-bangunan peninggalan Belanda dan beberapa di antaranya sudah menjadi cagar budaya.

“Saya sangat berharap agar kota tua yang ada di desa Jambalng khususnya di Blok Pecinan itu bisa segera diwujudkan sebagai wisata Kota Tua,” ujar Abadi kepada Cirebonplus.com, Jumat (01/3).

Menurut Abadi, jika Kota Tua Desa Jambalng sudah menjadi tempat wisata akan bisa menyejahterakan warga sekitar dan lebih semarak. Tidak hanya itu, Abadi juga menjelaskan, kecamatan Jamblang memiliki potensi wisata yang baik, seperti kuliner dan pembuatan grabah atau barang lainnya yang terbuat dari tanah liat.

“Sangat berpotensi sekali mas, kalau bangunan-bangunan tua itu segera disahkan menjadi tempat wisata, akan meningkatkan pengembangan wisata dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi desa yang sudah terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Kalau memang Kota Tua bisa diwujudkan tempat spot dan wisata, sangat cocok,” paparnya.

Kecamatan Jamblang, selain wisata kuliner dan pemandangan gedung-gedung tua, juga banyak peninggalan lain, termasuk masjid keramat di sekitar kawasan tua. Tempat-tempat itu juga cocok dijadikan wisata relegi.

Menurut Abadi, untuk penataan lokasi wisata Kota Tua, pihaknya akan segere berkordinasi dengan pemerinta desa setempat. Juga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), sebab antara keinginan dari bawah dengan keinginan dari atas dapat bertemu dan diharapkan bisa terwujud.

Selaku camat, ia sangat berharap tempat-tempat wisata agar segera dilegalkan dan menjadi tempat wisata yang disahkan Pemkab Cirebon. (Muhamad Surya)

Related posts