kuping kiri

Keluarga Besar Yayasan An Nasher Semarakkan HSN dengan Doa Bersama hingga Jalan Santai

Keluarga Besar Yayasan An Nasher Semarakkan HSN dengan Doa Bersama hingga Jalan Santai

Cirebonplus.com (C+) – Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bersejarah bagi kaum santri. Mengambil momen semangat perjuangan para ulama dan santri melawan penjajah dengan darah serta nyawa demi satu kata merdeka sebelum perang Surabaya 10 November 1945.

Seiring berjalannya waktu kini kaum santri bukan hanya istiqomah menggali ilmu agama dan mengamalkannya, tetapi juga tetap berada di garda depan dalam menyuarakan nasionalisme dengan slogannya cinta tanah air sebagian dari iman sebuah prinsip yang digaungkan kaum santri, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Idonesia (NKRI).

Kini, untuk memperingati hari bersejarah itu, berbagai elemen masyarakat, terutama kalangan santri menyelenggarakan berbagai kegiatan. Seperti yang dilakukan keluarga besar Pondok Pesantren (Pontren) Tarbiyatul Banin Kaliwadas, Kecamatan Sumber yang memperingati HSN 2019 dengan menggelar berbagai kegiatan.

Diawali dengan doa bersama untuk para pahlawan, Senin (21/10) para santri Pontren Tarbiyatul Banin mengikuti jalan santai. Ribuan santri ikut ambil bagian, mulai dari usia TK hingga perguruan tinggi dengan rute Kaliwadas, Sumber, Perbutulan dan kembali lagi ke pesantren.

Sekretaris Panitia HSN 2019 Yayasan An Nasher, A Saefudin SH mengatakan, rangkaian acara HSN yang akan ditutup dengan upacara HSN tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap para ulama dan santri, juga para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sekaligus bentuk kegembiraan para santri setelah sekian lama Indonesia merdeka baru beberapa tahun diperingati.

Senada disampaikan Ketua Panitia Jalan Santai, Aryanto. Menurutnya, tujuan dari peringatan ini adalah mengenang para pendiri bangsa, terutama kalangan kiai dan santri yang telah berjuang bagi agama, bangsa, dan negara. Selanjutnya acara jalan santai ini merupakan rangkaian acara dari acara sebelumnya yaitu doa bersama.

Pengurus Yayasan An Nasher, KH Abdullah Nasirudin mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk partisipasi terhadap HSN melalui luapan kegembiraan dan suka cita para santri. Pria yang akrab disapa Kang Dullah itu berharap, dengan HSN para santri ke depan bisa lebih moderat dan lebih baik lagi kualitas hidupnya, juga mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 sekarang ini.

“Peran para santri sangat diharapkan mampu mengisi ruang-ruang digital sebagai media dakwah menebarkan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin,” tutur Kang Dullah. (Khayas)

Related posts