kuping kiri

Kemendesa PDTT Dorong Desa Lebih Kreatif-Inovatif Mngeksplorasi Potensi

Kemendesa PDTT Dorong Desa Lebih Kreatif-Inovatif Mngeksplorasi Potensi

Cirebonplus (C+) – Banyak desa yang memiliki potensi besar, tapi belum dieksplorasi menjadi komoditi yang bernilai ekonomi. Padahal potensi tersebut dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desanya.

Dari fenomena tersebut Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi tahun ini ingin lebih mendorong desa-desa untuk lebih kreatif menciptakan inovasi sesuai potensi yang dimiliki. Komitmen tersebut sering disampaikan Sekretaris Jenderal Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Anwar Sanusi dalam berbagai forum.

Menurut dia, program inovasi desa sesuai tujuan awal dirancang Kemendesa PDTT untuk memberikan percepatan untuk mewujudkan desa-desa bisa mandiri, berkembang dan demokratis secara akselereatif. Karena itu dibutuhkan keseriusan dalam pengelolaannya.

“Bukan hanya program inovasi desa saja yang kita laksanakan di seluruh Indonesia, kami juga melaksanakan bursa inovasi desa yang merupakan ajang penyebaran dan pertukaran gagasan-gagasan kreatif dan inovasi masyarakat desa,” papar Anwar dalam rilid Kemendesa PDTT, kemarin.

Dikatakan, salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk memancing munculnya gagasan-gagasan inovatif di desa adalah adanya forum-forum pertukaran informasi. Dari situ akan muncul ide kreatif berdasarkan pengalaman desa lainnya.

“Harapan kami, dengan mereka (masyarakat desa) saling bertukar pengetahuan dan saling bertukar pengalaman, hasilnya bisa tercipta pengalaman-pengalaman yang secara kolektif nantinya akan dapat dimanfaatkan masing-masing desa. Sehingga bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (*)

Laporan: Iklima (Rilis)

Related posts