kuping kiri

Kemnaker Tahun Ini Fokus Tingkatkan Kualitas Pekerja

Kemnaker Tahun Ini Fokus Tingkatkan Kualitas Pekerja

Cirebonplus.com (C+) – Untuk melangkah di tahun 2018, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menghadapi sejumlah tantangan antara lain kemiskinan, kesenjangan sosial, dan pengangguran. Tantangan lainnya adalah hubungan industrial mengenai digitalisasi yang berpengaruh pada sejumlah sektor dan profesi.

Tantangan-tantangan itulah yang ingin dicarikan solusinya oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri dalam rilis yang dibuat Biro Humas Kemnaker. “Kita harus antisipasi secara baik, dengan upaya meningkatkan kompetensi, sertifikasi profesi, dan optimalisasi informasi pasar kerja baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Menteri Hanif.

Kemnaker, kata dia, akan terus memberikan perhatian pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan perbaikan kualifikasi tenaga kerja Indonesia. Sehingga dapat menjadi tenaga yang terlatih dan terampil, serta mampu terserap semuanya oleh industri.

Calon tenaga kerja yang saat ini masih berpendidikan SD dan SMP, juga akan ditingkatkan kompetensinya melalui pelatihan pemagangan, dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri.

Soal isu, menurut Menteri Hanif masih tetap di seputar tiga hal utama yakni pekerja Indonesia, pekerja migran, dan pekerja asing. Ketiga isu itu harus menjadi perhatian agar tata kelola migrasi benar-benar menjadi lebih baik.

“Kita perbaiki terus tata kelola agar tercipta migrasi yang cepat, aman, murah. Kita pun ingin  terus wujudkan pola hubungan industrial yang kondusif. Tentu ini harus dievaluasia terus menerus,” ujar Hanif.

Masalah hubungan industrial, Menteri Hanif mengarahkan agar dilakukan percepatan baik pada pembuatan peraturan perusahaan maupun Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Keduanya harus saling menguntungkan baik bagi pekerja maupun pengusaha, selain menjaga iklim investasi yang sehat. (*)

Laporan: Iklima (Rilis)

Related posts