Matang Berorganisasi dan Multitalenta, Ayub Al Ansori Dianggap Paling Siap Memimpin IPNU Jabar

Matang Berorganisasi dan Multitalenta, Ayub Al Ansori Dianggap Paling Siap Memimpin IPNU Jabar

Cirebonplus.com (Ci+) – Tanggal 28-30 Juli 2017, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Barat menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) XVIII. Bertempat di Kabupaten Tasikmalaya, selain membahas berbagai persoalan pelajar-santri, forum ini juga akan memilih ketua baru untuk meneruskan estafet kepemimpinan pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Barat.

Salahsatu nama kuat yang bakal dicalonkan sejumlah IPNU kabupaten/kota di Jawa Barat adalah Ayub Al Ansori. Mantan ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon itu kabarnya didukung ketua PW IPNU yang akan demisioner dan juga mendapat restu dari para pengurus PWNU Jawa Barat.

Siapakah Ayub Al Ansori? Berdasarkan penelusuran cirebonplus.com, pemuda bersahaja yang pernah nyantri di Pondok Kebon Jambu Al Islamy Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon itu seorang organisatoris, penulis, sekaligus intelektual muda.

Sebagai seorang organisatoris, Ayub sudah malang melintang di sejumlah organisasi. Tak sekadar anggota, ia menduduki jabatan-jabatan strategis.

Jabatan yang pernah diembannya antara lain ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon tahun 2016, ketua 1 PC PMII Cirebon (2014), Sekretaris Umum DEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2013), Ketua PAC IPNU Kecamatan Ciwaringin (2011), Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2012). Ia juga pernah menjadi ketua Persatuan Remaja Islam Majalengka (Prisma) Cirebon (2009), sekretaris OSIS MAN Model Babakan Ciwaringin (2008), koordinator Pesan Darling (Pelajar Santri Sadar Lingkungan) PC IPNU Kabupaten Cirebon (2013), Manajer Akademik BPUN Cirebon (2015/2016), Fasilitator Advokasi Perdamaian untuk Kalangan Pelajar/Remaja dan Pemuda Setaman (Sekolah Cinta Perdamaian) Fahmina Institute (2016/2017).

Sebagai seorang penulis, Ayub berawal dari keterlibatannya mengelola majalah kampus Methoda Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FatsOen IAIN SNJ Cirebon (2011). Selain menulis lepas tentang isu-isu aktual baik kebaangsaan maupun keagamaan di media massa lokal seperti Radar Cirebon, Rakyat Cirebon, Kabar Cirebon, Fajar Cirebon, dan Cirebonplus.com, ia juga pernah berkecimpung di dunia jurnalis sebagai wartawan di cirebonpost.com dan kontributor NU Online.

Dalam aspek intelektual, pemuda kelahiran Majalengka itu merupakan guru SMP NU Maja dan MAPK NU Maja, Kabupaten Majalengka. Ia juga mengisi sejumlah kegiatan diskusi, serta seminar pelajar dan remaja.

Tak hanya itu, Ayub juga terlibat dalam sejumlah penelitian, terutama tentang isu-isu kehidupan beragama baik keislaman maupun hubungan antar pemeluk agama. Dengan segudang pengalaman tersebut, Ayub dinilai matang dan siap untuk memimpin organisasi IPNU Jawa Barat. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts