kuping kiri

Ormas-LSM Mirip KPK Sering Meresahkan, Institusi Antirasuah Minta Data ke Kesbangpol

Ormas-LSM Mirip KPK Sering Meresahkan, Institusi Antirasuah Minta Data ke Kesbangpol

Cirebonplus.com (C+) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat dan Kantor Kesbangpol kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Cirebon. Isinya adalah pendataan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dengan nama, singkatan dan logo yang mirip KPK.

Berdasarkan isi SE, langkah tersebut ditempuh karena tak sedikit ormas atau LSM dengan logo dan nama sama dengan KPK yang aktivitasnya meresahkan masyarakat serta pejabat di tingkat desa dan kecamatan. Diduga, nama KPK telah banyak digunakan oleh oknum anggota LSM atau ormas.

Modusnya, mereka dating ke kantor-kantor desa, kantor kecamatan, dan kantor dinas dengan cara dengan mempertanyakan salahsatu persoalan terkait hukum dan perundang-undangan. Banyak laporan masuk, mereka juga tak sedikit mengintimidasi dan mengancam melaporkan kasusnya ke pihak berwajib, yang ujung-ujungnya meminta uang damai.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Drs H Zaenal Abidin MSi mengatakan, SE tersebut hanya meminta instansinya untuk melakukan pengawasan terhadap LSM dan ormas yang sudah terdaftar. Pasalnya, terkait pengaturan nama, logo dan singkatan adalah domain Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Sementara LSM atau Ormas yang terdaftar di Kesbangpol adalah yang telah mendapat izin dari Kemenkumham.

“Kesbangpol hanya menerima pelaporan adanya LSM atau ormas. Saat LSM atau Ormas mendaftar, Kesbangpol meminta akta notaris, izin tetangga dan izin domisili. Lalu Kami pantau, mengecek lokasinya sekretariatnya bener enggak,” ujar Zaenal Abidin.

Sejauh ini, sambungnya, Kesbangpol sejak lama mengusulkan kepada Kemenkumham agar tidak memberikan izin LSM atau ormas yang simbol-simbolnya mirip KPK atau penegak hukum lain. Dari 247 LSM dan ormas yang ada di Kesbangpol Kabupaten Cirebon,  baik yang aktif maupun tidak aktif, ada yang nama, singkatan atau logonya mirip KPK. (Dewo/C+3)

Related posts