Home CirebonRaya Pandemi, Gerakan Literasi Harus Tetap Bergerak

Pandemi, Gerakan Literasi Harus Tetap Bergerak

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Anggota Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Cirebon, Jumat (22/1/2021). Di antara pembahasannya adalah soal gerakan literasi dalam rangka mencerdaskan generasi masa depan di Kota Cirebon.  

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menyampaikan komitmennya untuk terus memperbanyak infrastruktur literasi, meskipun masih di situasi pandemi covid-19. Komitmen itu disampaikan Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati usai menerima kunker anggota DPR RI.

Eti menuturkan Komisi X DPR telah memonitoring sekaligus berkunjung dan memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalah di bidang literasi terutama masalah infrastruktur.

“Keaktifan Pemda Kota Cirebon, komunitas literasi sudah sangat baik, tinggal melengkapi infrastruktur pendukung,” ujar Eti dalam publikasi di laman cirebonkota.go.id.

Eti bersyukur Kota Cirebon mendapat bantuan berupa infrastruktur Pojok Baca Digital (POCADI) dan bantuan 500 judul buku untuk perpustakaan. “Ada 208 RW di Kota Cirebon dan yang punya POCADI baru 73 RW, jadi masih perlu diperbanyak infrastrukturnya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI, Dr H Abdul Fikri Fakih MM mengungkapkan, pihaknya akan terus menyambungkan Pemkab Cirebon dan Perpustakaan Nasional untuk pengembangan literasi di Kota Cirebon.

“Meski masih di masa pandemi, kami ingin kegiatan literasi tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Anggota DPR RI Komisi X, Putra Nababan menambahkan, penggerak literasi di Kota Cirebon sangat kreatif akan tetapi ruang geraknya terhenti karena pandemi. “Komisi X akan mendorong agar kegiatan literasi terus berjalan dengan program dari pemerintah pusat,” tambahnya.

Sementara itu, Pengurus Komunitas Literasi Kota Cirebon, Yayas mengaku bersyukur segala usulan dan keluhan penggerak literasi di Kota Cirebon diterima langsung oleh Komisi X DPR RI dan diberikan solusi langsung. “Semoga kegiatan literasi di Kota Cirebon semakin baik ke depannya,” pungkasnya. (C+/01)

Ilustrasi: Istimewa Pemkab Kuningan

Related Articles