Home CirebonRaya Peduli Tenaga Medis Covid-19, ISNU Gegesik Bantu APD untuk Puskesmas-RSUD

Peduli Tenaga Medis Covid-19, ISNU Gegesik Bantu APD untuk Puskesmas-RSUD

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Melihat penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang terus mewabah. Tim medis di berbagai tempat pelayanan, terutama rumah sakit (RS) dan Puskesmas pun kewalahan, terutama karena kelangkaan sejumlah alat pelindung diri (APD).

Sebagai garda terdepan penanganan pasien baik diduga (suspect) maupun positif Covid-19, mereka membutuhkan support baik moril maupun mareril. Menyikapi kondisi tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Gegesik pun hadir menunjukkan kepedulian melalui motivasi moril maupun bantuan beberapa alat yang dibutuhkan.

Sabtu (18/4/2020), ISNU Gegesik membagikan APD dan masker kepada Puskesmas Gegesik dan Puskesmas Jagapura. APD juga diberikan ke RS terdekat yakni RSUD Arjawinangun. 

Memimpin langsung kegiatan ini, Mukhamad Charis Syahputra selaku ketua ISNU Gegesik didampingi Wakil Ketua Saeful Aziz, Sekretaris Dadan Hamdan Mubarok, Wakil Sekretaris Krishna Aji, dan Koordinator Departement Hukum dan Advokasi Masyarakat Mohammad Faisal Fahmi. Tampak pula Ketua PC ISNU Kabupaten Cirebon, Abdul Muiz Syaerozi yang menyerahkan secara simbolis donasi kepada Puskesmas Jagapura, Puskesmas Gegesik dan RSUD Arjawinangun.

Dalam kesempatan itu, Ketua ISNU Gegesik, Charis didampingi Wakil Ketua Saeful Azis menyatakan, kepedulian lembaganya terhadap tenaga medis karena merupakan profesi yang sangat berperan penting dalam penanganan pasien, baik terdeteksi gejala atau terpapar virus Corona. Mereka ada di barisan terdepan, sehingga risiko terpaparnya cukup besar. Karena itu Sudah sepatutnya semua ikut peduli.

Saeful Aziz menambahkan, jika tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 tidak siap dikarenakan kendala kekurangan peralatan medis, maka akan berakibat fatal. Bila risiko terpapar lebih besar terhadap para tenaga medis dan keluarganya, otomatis mata rantai paparan Covid-19 makin terurai panjang di masyarakat.

“Kondisi ini tentu dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap keadaan semua seltor, termasuk ketahanan ekonomi kita. Ini yang tidak kita inginkan. Semoga semua pihak bisa lebih peduli, terutama pemerintah,” tambah dia. 

Sekretaris ISNU Gegesik, Dadan Hamdan menyampaikan pandangannya bahwa aksi peduli ISNU Gegesik dalam penanganan Covid-19 ini berharap dapat menginspirasi komunitas atau ormas lain agar turut serta memberikan perhatian dan kepedulian kepada mereka yang berada di garda terdepan, dalam hal ini tenaga medis yang setiap hari kontak dengan pasien.

“Saya rasa semakin banyak yang peduli terhadap tenaga medis, maka makin baik. Dalam hal ini bukan hanya secara materil, namun juga moril mereka butuhkan,” kata Dadan. 

Lebih lanjut Wakil Sekretaris ISNU Kecamatan Gegesik, Krishna Aji menyampaikan, rangkaian kegiatan ISNU Gegesik kali ini fokus kepada pemberian donasi APD dan masker untuk 2 Puskesmas. Juga ada tambahan sejumlah suplemen British Propolis yang merupakan titipan donasi yang disampaikan Griya British Propolis Plumbon Cirebon melalui ISNU Gegesik,  untuk tim medis khususnya yang menangani Covid-19 di RSUD Arjawinangun.

“Mewakili ISNU Gegesik, kami sangat berterima kasih untuk support-nya. Meskipun awalnya open donasi kegiatan ini lebih di internal ISNU Gegesik, namun surprise, ternyata banyak masyarakat yang tergugah ingin menyalurkan donasinya melalui ISNU Gegesik dan tentu kami dengan senang hati menerima amanah tersebut,” beber Master of Ceremony (MC) beken Cirebon yang mula go nasional ini.

Pihaknya juga berterima kasih secara khusus kepada ketua dan pengurus PC ISNU Kabupaten Cirebon yang terus mendukung setiap kegiatan, owner Sablon 999, serta seluruh dermawan dan. 

Krishna juga menjelaskan, aksi sosial ISNU Kecamatan Gegesik juga memberikan donasi sabun atau antiseptik untuk beberapa musala di Kecamatan Gegesik. Tujuannya agar para jamaah yang tetap memilih menjalankan ibadah tetap bisa mencuci tangan dan dapat menghindari risiko terpapar virus Corona. Dalam pendistribusiannya juga dibantu Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gegesik.

Koordinator Lapangan Kegiatan, Mohammad Faisal Fahmi menambahkan, masyarakat, terutama di Kecamatan Gegesik menyambut baik apa yang dilakukan oleh elemen NU, terutama ISNU.

Alhamdulillah pemberian donasi sabun atau antiseptik ke sejumlah musala sangat disambut hangat oleh para pemilik atau pengurus. Apalagi saat ini kita umat muslim sedang persiapan menyambut Ramadhan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PC ISNU Kabupaten Cirebon, Abdul Muiz Syaerozi menyampaikan ungkapan terima kasih kepada banyak pihak yang sudah memberikan support dalam kegiatan ini. Atas nama PC ISNU Kabupaten Cirebon ia juga menyampaikan terima kasih kepada para sarjana NU yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Mereka ikut sebagai sebagai garda depan dalam menangani Covid-19, tentu membuatnya bangga. Apa yang dilakukan PAC ISNU Kecamatan Gegesik juga merupakan bentuk dukungan pada para tenaga medis.

“Karena itu, kami juga mengucapkan terima kasih pada jajaran pengurus PAC yang menyisihkan rezekinya untuk berdonasi dan meluangkan waktunya untuk mengumpulkan donasi dari masyarakat guna disumbangkan kepada instansi-instansi kesehatan. Insya Allah akan disusul oleh pengurus-pengurus PAC ISNU lainnya di Kabupaten Cirebon, sebagaimana sudah kami instruksikan melalui Surat Edaran (SE),” paparnya. (Yasir/C+)

Related Articles