kuping kiri

Pekerja Indonesia di Korea Bikin Perkumpulan Cirebon Lor

Pekerja Indonesia di Korea Bikin Perkumpulan Cirebon Lor

DAEGU (Ci+) – Semua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri tentu punya rasa kangen terhadap keluarga, saudara, kerabat, dan teman-temannya di Indonesia. Tapi, rindu berat tidak lantas membuat mereka frustrasi. Ada jalan lain untuk mengobatinya, apa itu?

Salahsatu TKI yang bekerja di Kota Daegu, Korea Selatan, Sumanto menceritakan, rasa kangen pasti ada, khususnya anak dan istri. Tetapi bersyukur kangen bisa ditahan dan terobati dengan banyaknya TKI dari Indonesia. Apalagi berasal dari daerah yang sama, Cirebon.

“Alhamdulillah di sini ramai. Banyak orang Indonesia. Terutama pekerja yang berasal dari daerah yang sama di Cirebon. Apalagi saya di sini satu lingkungan dengan kakak sya,” kata TKI asal Desa Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon itu kepada cirebonplus.com via seluler, Ahad (1/1).

Pria yang bekerja di pabrik pipa itu menambahkan, di kota tempatnya bekerja, tepatnya Kota Daegu, banyak pekerja asal Cirebon. Bahkan paling banyak adalah warga sedaerahnya yaitu Kecamatan Kapetakan.

Jumlahnya untuk warga Cirebon cukup banyak, tapi jumlanya tidak diketahui pasti. Rata-rata bekerja di pabrik.

“Untuk warga Kapetakan banyak di sini. Kalau yang berkomunikasi lebih dari 30 orang. Jumlah itu dengan kota lain. Tapi paling banyak di Daegu,” kata pria yang akrab disapa Ilik itu.

Untuk membangun kekompakan dan mendekatkan diri dengan sesama wong Cerbon, TKI dari Cirebon bagian utara khususnya Kapetakan, sepakat untuk membuat perkumpulan dengan nama Cirebon Lor. Markasnya di wilayah Daegu.

Agar sejajar satu sama lain tau tidak ada yang paling tinggi, perkumpulan itu tidak punya ketua. Prinsipanya, sambungnya, dalah kebersamaan satu sama lain.

“Langka ketua. Bareng-bareng lan seduluran bae. Bareng-bareng karo pengertiannya,” kata dia dengan bahasa khas Cirebon yang artinya, tidak ada ketua. Kebersamaan dan persaudaraan saja. Bersama-sama saling pengertian.

Apa acara yang dipilih saat kumpul atau liburan bersama? Menurut Sumanto, yang paling sering adalah bakar-bakar ikan dan makan bersama. (Ci+111)

Related posts