kuping kiri

Pemdes Wajib Pasang Poster Realisasi Dana Desa, tapi Mendes Tolak Kriminalisasi Kades

Pemdes Wajib Pasang Poster Realisasi Dana Desa, tapi Mendes Tolak Kriminalisasi Kades

MAJALENGKA (Ci+) – Semua pemerintah desa (pemdes) diwajibkan memasang poster rencana pembangunan desa dan realisasi penggunaan Dana Desa. Penegasan tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Eko Sandojo saat berdialog bersama kepala desa dan bendahara se-Kabupaten Majalengka di Graha Sindangkasih, bulan lalu.

Yang belum melaksanakan, kata dia, hendaknya secepatnya dilakukan, agar masyarakat tahu. Tak hanya itu, tujuannya juga agar masyarakat bisa dengan mudah mengawasi.

“Ini adalah bentuk transparansi. Paling tidak dipasang di kantor desa. Kalau bisa pasang juga di tempat-tempat yang ramai. Bagi yang telah memiliki website desa, silahkan pasang di website tersebut,” tandas menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Eko juga berjanji akan memperjuangkan hak kepala desa agar tidak dikriminalisasi dalam penggunaan Dana Desa. Sejauh ini, dia mengaku pernah mendapatkan laporan adanya kriminalisasi terhadap kepala desa (kades), mengingat besarnya anggaran yang dikelola.

Untuk menghindari kriminalisasi kepala desa, Kemendesa PDTT sudah melakukan langkah-langkah koordinatif dengan aparat penegak hukum. Terutama wilayah yang bisa masuk ranah pidana dan edukasi preventif.

“Tentang masalah ini saya sudah bicara dengan kapolri. Jika ada desa yang melakukan kesalahan dalam hal administrasi tetapi tidak melakukan tindakan koruptif, maka hendaknya tidak disanksi secara hukum. Namun demikian syaratnya haruslah transparan,” kata dia. (Ci+111)

ilustrasi: internet

 

Related posts