kuping kiri

Pemerintah Daerah Diminta Lakukan Penanggulangan DBD

Cirebonplus.com (C+) – Musim hujan, ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) datang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun meminta seluruh walikota dan bupati di Jawa Barat untuk melakukan antisipasi menyusul terus meningkatnya kasus DBD di sejumlah daerah.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Provinsj Jawa Barat, Daud Ahmad menyatakan, melalui surat yang sifatnya instruksi ini ada beberapa poin yang harus disiapkan daerah diantaranya kesiapan kapasitas, SDM, rumah sakit, sarana prasarana  serta melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Surat dari gubernur yang dalam waktu dekat akan diberikan kepada daerah sebagai bentuk antisipasi dan menekan kasus DBD di Jabar yang telah menelan korban jiwa,” ujar Daud, akhir pekan lalu.

Daud mengatakan, isi dari instruksi itu pada intinya antara lain imbauan untuk bisa mengaktifkan kembali kelompok kerja operasional DBD, pemberantasan sarang nyamuk, gerakan 3M plus yakni menguras, menutup dan memanfaatkan kembali barang bekas serta mencegah gigitan nyamuk.

“Kita juga perlu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), bahan-bahan, biaya alat untuk deteksi dini dan pengobatan bagi penderita di puskesmas-puskesmas,” kata dia seperti dilansir situs Pemprov Jabar. (Dewo/C+1)

Related posts