kuping kiri

Penentuan Anggota Panwaslu, Timsel Berharap Masyarakat Beri Informasi Track Record

Penentuan Anggota Panwaslu, Timsel Berharap Masyarakat Beri Informasi Track Record

Cirebonplus.com (Ci+) – Seleksi komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota/kabupaten di Jawa Barat satu tahap lagi rampung. Tinggal penentuan 3 dari 6 nama hasil seleksi ketat oleh Tim Seleksi (Timsel) Panwaslu se-Jawa Barat.

Anggota Timsel Panwaslu, H Aziz Hakim Syaerozi mengatakan, tim yang bekerja beranggotakan 10 orang. Semuanya dipilih Bawaslu pusat dan Jawa Barat untuk menyeleksi semua calon anggota Panwaslu kota/kabupaten.

Menurutnya, tahapan demi tahapan telah dilalui. Mulai dari fase validasi berkas persyaratan, tes tertulis untuk menguji kemampuan para calon anggota Panwaslu tentang ke-pemilu-an, hingga tes wawancara.

“Saat validasi, tak sedikit yang gugur karena syarat administrasi kurang. Dalam tes tertulis, kami punya standar untuk menyeleksi siapa yang dianggap mampu. Mereka yang lolos masuk tahap tes wawancara dan menghasilkan enam nama,” ujar pria yang juga ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon itu.

Pihaknya hanya berwenang menentukan enam orang. Selanjutnya untuk menentukan tiga nama menjadi kewenangan Bawaslu.

Kang Aziz, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa untuk mencari tiga terbaik yang akan menjadi pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak baik provinsi maupun kota/kabupaten, ada satu fase lagi yaitu membuat makalah dan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Ia berharap tiga nama yang terpilih memiliki kemampuan dan kualitas terbaik.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa ikut memberikan masukan tentang enam nama yang lolos seleksi di masing-masing daerah. Informasi masyarakat tentang track record calon anggota sangat dibutuhkan untuk menghasilkan Panwas yang kredibel.

“Masyarakat bisa menyampaikan informasinya ke nomor hotline (022) 7332604 atau bisa via email ke timselbawaslujabar@gmail.com,” kata dia, Kamis (27/7). (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts