kuping kiri

Penyandang Disabilitas Cirebon Butuh Ruang Kreasi Kembangkan Kemandirian

Penyandang Disabilitas Cirebon Butuh Ruang Kreasi Kembangkan Kemandirian

Cirebonplus.com (C+) – Sejak disahkannya Undang- Undang (UU) No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas (DB) mengubah perhatian berbagai pihak, khususnya pemerintah terhadap mereka. Pemenuhan hak penyandang disabilitas pun mulai dilakukan menggunakan perspektif hak asasi manusia (HAM).

Hal itu mendorong pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi para penyandang disabilitas dalam mengembangkan kemandirian dan hal lainnya yang dapat membantunya menusia manusia bermartabat.

Terkait hal itu, Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) menggelar kegiatan seminar Disability Inclusive Development (DID) bersama para penyandang disabilitas di aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Cirebon.

Ketua FKDC Kabupaten Cirebon, Abdul Mujib mengaku pihaknya menginginkan adanya dukungan dari pemerintah kepada penyandang disabilitas terkait DID. “Yang diinginkan adanya dukungan dari pemerintah, seperti kita melakukan kegiatan DID. Tanpa dukungan pemerintah kabupaten dan desa kami sulit untuk mewujudkan kegiatan ini,” ujar Mujib kepada wartawan Cirebonplus.com, Senin (24/6) di sela-sela seminar.

Selama ini, lanjut dia, FKDC tak bisa menyalahkan pemerintah. Pihaknya mengakui sangat kurang bersosialisasi di tingkat kabupaten, desa dan publik tentang keberadaan kegiatan yang dilakukan FKDC.

“Memang untuk selama ini pemerintah desa belum terlalu welcome kepada forum kami. Apalagi keberadaan teman-teman disabilitas maupun teman-teman yang pernah mengalami kusta,” kata Mujib.

Atas dasar itu pihaknya berinisiatif untuk mengadakan kegiatan DID yang dilakukan di desa. Karena basis penyandang disabilitas adalah desa, sehingga otomatis kegiatan-kegiatanya lebih sering di desa.

Pihaknya berharap, para penyandang disabilitas bisa dilibatkan dalam kegiatan kemasyarakatan, sehingga mampu meningkatkan wawasan bagi mereka. “Ketika teman-teman dilibatkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan sosial atau masyarakat, minimalnya wawasan mereka meningkat,” sambungnya.

Pantauan Cirebonplus.com, hadir sebagai pembicara dalam Seminar DID dari perwakilan Pemkab Cirebon antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Bapelitbangda, Dinas Sosial (Dinsos), dan DPMPD. (M Surya)

Related posts