kuping kiri

Pertumbuhan Kota Cirebon Dinamis, Skill Petugas Damkar Diperkuat

Pertumbuhan Kota Cirebon Dinamis, Skill Petugas Damkar Diperkuat

Cirebonplus.com (C+) – Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran 1 Program 45 jam bagi tenaga teknis Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon dimulai Senin (24/6). Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Asep Dedi MSi.

Dalam kesempatan itu, Sekda Asep Dedi mengatakan, profesi Pemadam Kebakaran merupakan tugas yang mulia. Karena tidak hanya memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga bertugas untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

“Saat ini, pertumbuhan kota semakin maju dan cepat. Juga berdampak pada kepadatan pemukiman penduduk,” ujar Asep.

Di tengah-tengah pertumbuhan kota yang dinamis, keberadaan petugas pemadam kebakaran sangatlah dibutuhkan. Karena tugas seorang pemadam kebakaran menurut Asep tidak sebatas memadamkan api yang berkobar, namun lebih dari itu.

Petugas pemadam kebakaran juga bertugas melakukan evakuasi dan penyelamatan. Untuk itu Asep meminta, petugas pemadam kebakaran bangga dengan profesi mereka saat ini. “Karena tugas mereka benar-benar mulia,” tutur Asep.

Namun kemampuan petugas pemadam kebakaran harus benar-benar diasah. Sehingga, mereka bisa menjadi petugas pemadam kebakaran yang andal dan profesional. Untuk itu, pentingnya pelatihan terhadap mereka digelar. “Termasuk pelatihan yang digelar hari ini,” ungkap Asep.

Karena itu, Asep meminta kepada setiap petugas pemadam kebakaran yang mengikuti pelatihan hari ini bisa mengikutinya dengan baik. Karena akan sangat berguna saat menjalankan tugas mereka sehari-hari.

“Ke depannya saya juga berharap, sarana dan prasarana serta peralatan yang dimiliki oleh Damkar Kota Cirebon bisa semakin canggih dan modern seperti di negara-negara maju,” papar Asep.

Sementara itu, Kepala Subdir Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Purnolaksito mengungkapkan, kejadian kebakaran di tengah-tengah pertumbuhan kota yang sangat cepat saat ini semakin banyak. Karena itu, dibutuhkan petugas pemadam kebakaran yang profesional, ahli, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk menjalankan tugas mulia mereka.

Karena tugas yang mulia itu, petugas Pemadam Kebakaran harus dibekali dengan berbagai pelatihan dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari. (Dewo/Ril)

Foto: Pemkot Cirebon

Related posts