kuping kiri

Pilkada Serentak, Termasuk Indramayu Digelar 23 September 2020

Pilkada Serentak, Termasuk Indramayu Digelar 23 September 2020

Cirebonplus.com (C+) – Akhirnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 23 September 2020. KPU beralasan penentuan tanggal itu merujuk pada Undang-undang (UU) 10 Tahun 2016 pasal 201 ayat 6.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Arief Budiman, berdasarkan Undang-undang 10 tahun 2016 pasal 201 ayat 6, Pilkada 2020 dilaksanakan pada bulan September. Selain itu, Pemilu kerap dilaksanakan pada hari Rabu.

Menurutnya, KPU sengaja tidak memilih tanggal yang hanya terdiri satu angka. Hal itu semata-mata agar tidak ada yang sama antara nomor urut calon dengan tanggal pemilihan.

Mempertimbangkan hal itu, maka KPU di bulan September mencari hari Rabu yang jatuh pada tanggal yang tidak satu angka. Jika satu angka, maka memungkinkan ada peserta yang dapat nomor urut sama dengan tanggal yang dipilih.

“Dari alasan teknis itulah hari pencoblosan Pilkada serentak ditentukan. Keputusan itu juga berdasarkan hasil diskusi bersama komisioner lainnya. September 2020 hari Rabu itu ada tanggal 2 itu nggak akan kita pakai, ada tanggal 9 juga tidak, ada tanggal 16 dan 23 September. Akhirnya setelah dirembuk muncul tanggal 23,” kata Arief.

KPU, sambungnya, juga mendiskusikan tanggal itu bersama dengan elemen lain. Diskusi dan konsultasi dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya kegiatan keagamaan di daerah setempat.

“Kami juga minta laporan teman-teman di daerah ada atau tidak hari keagamaan atau hari penting di daerah tersebut,” tuturnya.

Untuk diketahui, 1 dari 8 daerah di Jawa Barat yang akan menggelar Pilkada di tahun 2019 adalah Kabupaten Indramayu. Itu artinya Pilkada digelar sekitar 14 bulan lagi. (Abdullah/Ril)

Related posts