kuping kiri

Pilkuwu Serentak 2017 Belum Ditetapkan Jadwalnya, Pemkab Cirebon Tunggu Hasil Konsultasi ke Kemendagri

Pilkuwu Serentak 2017 Belum Ditetapkan Jadwalnya, Pemkab Cirebon Tunggu Hasil Konsultasi ke Kemendagri

CIREBON (Ci+) – Sesuai amanat peraturan daerah (perda) tahun 2017 ini lebih dari 100 desa akan menggelar pemilihan kuwu (pilkuwu) serentak. Namun demikian untuk waktunya belum ada keputusan final.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Made Casta saat dikonfirmasi mengatakan, jadwal pelaksanaan pilkuwu masih dalam tahap pembahasan. Ia menyangkal bila dikatakan belum jelas pelaksanaannya.

“Bukan belum jelas mas, tapi masih dalam tahapan. Memang rencana awal untuk pilkuwu 101 desa digelar Oktober 2017. Namun sehubungan ada pembahasan raperda perubahan, saat ini kami masih menunggu hasilnya,” papar Casta kepada cirebonplus.com, Rabu (14/3).

Menurutnya, ada beberapa poin perubahan yang saat ini tengah dikonsultasikan ke Kemendagri. Hasilnya seperti apa pihaknya masih menunggu.

Secara teknis pihaknya sudah siap. Begitu sudah diketuk putusan baru, kami langsung menyiapkan tahapan. 

Saat ditanya tentang indikasi politik pilkuwu serentak terkait pilkada, Casta menyangkal. Justru kalau pihaknya ingin lebih cepat lebih baik, karena kalau lambat otomatis akan ada kekosongan di desa.

“Meskipun bisa memggunakan pejabat, tapi tetap saja dengan demikian berdampak pada proses pembangunan di desa. Artinya kami secara teknis sudah siap dan lebih cepat lebih baik,” pungkasnya. (*)

Laporan DK Priyansa

Related posts