kuping kiri

Pom Mini “Kula Eksis” untuk Penyandang Disabilitas Kota Cirebon

Pom Mini “Kula Eksis” untuk Penyandang Disabilitas Kota Cirebon

Cirebonplus.com (C+) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berusaha keras untuk memberikan perhatian yang sama terhadap masyarakatnya, termasuk para penyandang disabilitas.

Salahsatu bentuk perhatian dan kepedulian yang ditunjukkan pemkot adalah program Pom Mini “Kula Eksis” untuk penyandang disabilitas di Kota Cirebon. Pemkot memiliki prinsip, setiap penyandang disabilitas berhak untuk mencari pekerjaan dan kebahagiaan.

Pom Mini “Kula Eksis” atau Kelompok Warga Peduli Ekonomi Disabilitas Kota Cirebon diresmikan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi, Minggu (28/7) di UPT Loka Bina Karya.

“Melalui peresmian ini sekaligus memperlihatkan jika penyandang disabilitas juga berhak untuk mencari hidup secara layak. Mereka berhak untuk hidup bahagia,” tegas Iing.

Karena itu, mereka juga berhak untuk mencari pekerjaan untuk kehidupan ekonomi dan kesejahteraan mereka. Pom Mini Kula Eksis ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Cirebon terhadap teman-teman disabilitas di Kota Cirebon.

Mereka diberikan peluang untuk berusaha walaupun dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Semua pengelolaannya diserahkan kepada mereka. “Semoga keberadaan Pom Mini Kula Eksis ini bisa menginspirasi kita semua,” ungkap Iing.

Kepala UPT Liposos dan LBK Kota Cirebon, Astawi SE mengatakan, penyandang disabilitas perlu mendapatkan dukungan, termasuk permodalan dari pemerintah. “Juga dukungan dari teman-teman lainnya,” ungkap Astawi.

Jika semuanya mendukung, maka penyandang disabilitas diyakini bisa hidup dengan mandiri dan sejahtera. Mereka memiliki sekitar 20 orang penyandang disabilitas. Keterampilan yang diberikan kepada mereka cukup beragam, mulai dari menjahit, wirausaha jualan kerupuk termasuk menggagas pembuatan usaha pom mini kula eksis.

Sementara itu, Ketua Komunitas Disabilitas Kota Cirebon, Jojo mengungkapkan, keberadaan pom mini tersebut diyakini bisa menambah penghasilan mereka. “Apalagi di sini sistemnya kerjasama, ada shift0-nya,” ungkap Jojo.

Jojo juga berharap, pom mini juga dikembangkan di tempat lainnya. Sehingga semakin banyak penyandang disabilitas yang bisa menikmati kesejahteraan tersebut.

Selain itu Jojo juga berharap, ke depannya penyandang disabilitas bisa lebih mengembangkan kemampuan mereka melalui keterampilan yang mereka miliki.

“Di antara kami banyak juga yang mahir membuat kue, membuat kerajinan dari bambu dan lainnya. Ke depannya kami berharap keterampilan yang kami miliki bisa terus berkembang untuk menambah penghasilan,” harap Jojo. (Dewo/Ril)

Foto: Pemkot Cirebon

Related posts