Home Headline Puskesmas Beber Berprestasi Nasional, DPRD Tangsel Ingin Tiru Pelayanan Ramah Anak

Puskesmas Beber Berprestasi Nasional, DPRD Tangsel Ingin Tiru Pelayanan Ramah Anak

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

Cirebonplus.com (C+) – Keberhasilan Puskesmas Beber, Kabupaten Cirebon dalam program ramah anak ternyata sudah diketahui hingga Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten. Dari profil keberhasilan itu, Komisi II DPRD Kota Tangsel pun merasa perlu belajar ke Beber untuk Puskesmas Ramah Anak agar bisa jadi referensi bagi daerahnya.

Selasa (25/2), anggota DPRD Kota Tangsel dari Komisi II bertandang ke kantor Dinkes Kabupaten Cirebon. Mereka bertemu pejabat Dinkes dan kepala Puskesmas Beber beserta jajarannya.

Bertempat di aula Dinkes, rombongan anggota DPRD Kota Tangsel yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II, Mulyana Anwar diterima Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni dan para kabid serta Kepala Puskesmas Beber Haeriyah SKM Mkes.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel, Mulyana Anwar menyampaikan, kedatangan Komisi II ke Dinkes untuk menginventasir penerapan Puskesmas Ramah Anak yang menjadi program Dinkes Kabupaten Cirebon. Ia mengakui bahwa Dinkes dan Puskesmas Beber telag berhasil mencetak Puskesmas dengan pelayanan ramah anak yang berkualitas.

Pihaknya tahu tentang keberhasilan Puskesmas Ramah Anak setelah melakukan browsing internet. Keberhasilan Puskesmas Beber telah membuka mata DPRD Kota untuk mengadopsi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Yang kami inventarisir adalah bagaimana pelayanan di Puskesmas Beber. Kami lihat bagus sekali, tak hanya soal ramah anaknya, tetapi juga terkait masalah pernikahan dini,” ungkap Mulyana seraya mengatakan, keberhasilan Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Cirebon itu berharap dapat diterapkan di daerahnya.

Rasa bangga Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni atas apresiasi daerah lain terhadap program Puskesmas Ramah Anak tak bisa disembunyikan. Apresiasi itu juga ia jadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan, termasuk menciptakan Puskesmas Ramah Anak lainnya.

Puskesmas Beber, sambungnya, merupakan salahstau di Indonesia yang mendapat penghargaan sebagai Puskesmas Pelayanan Ramah Anak dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu.

Sejauh ini pihaknya menargetkan beberapa Puskesmas lain untuk program yang sama. Namun, yang dianggap berhasil baru Puskesmas Plumbon, karena pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan tingkat provinsi di kategori yang sama.

“Mudah-mudahan Puskesmas Plumbon juga dapat penghargaan yang sama tingkat nasional seperti Puskesmas Beber,” lanjut Enny.

Di Kabupaten Cirebon, sambungnya, 48 Puskesmas sudah mendapat SK bupati untuk program Puskesmas Ramah Anak. Itu artinya, tinggal 12 Puskesmas. “Kami berharap 12 Puskesmas ini di tahun 2020 akan menyusul mendapatkan SK Bupati,” tambah Enny.

Sebenarnya apa sih indikator Puskesmas dianggap layak ramah anak? Menurut Enny, beberpa indikatornya antara lain pemisahan pelayanan antara anak dan dewasa, ada fasilitas disabilitas, dan ada pendamping konselor air susu ibu (ASI). (Udin)

Related Articles