Home CirebonRaya Rangkaian Acara HUT RI dan Hari Jadi Cirebon Tetap Digelar di Mas Pandemi, Ini Acaranya

Rangkaian Acara HUT RI dan Hari Jadi Cirebon Tetap Digelar di Mas Pandemi, Ini Acaranya

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Ketua Panitia HUT Ke-75 RI dan Hari Jadi Ke-651 Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa SAP memastikan sejumlah perayaan atau peringatan hari-hari bersejarah itu tetap digelar. Namun, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, perayaan diadakan lebih sederhana, namun tetap khidmat.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon itu menyampaikan, peringatan HUT RI dan Hari Jadi Kota Cirebon tahun ini lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah maju. Untuk temanya, dipilih Semangat Membangun Bersama.

Menurutnya, tema tersebut tercermin dari logo HUT ke-651 yang dipilih tahun ini. Logonya memperlihatkan api yang berkobar, namun dengan angka 651. Angka 6 berwarna biru, sekaligus merefleksikan gambar udang, angka 5 berwarna merah menggambarkan kepala burung garuda dengan tatapan mata yang tajam sebagai akulturasi semangat peringatan Hari Jadi Kota Cirebon yang berbarengan dengan HUT RI. Sedangkan angka 1 hijau sebagai penutup angka sekaligus menjadi simbol kesatuan.

Tagline Hari Jadi Ke-651 Kota Cirebon adalah Memayu Charuban Jati yang berarti mempercantik dan memperindah Cirebon. Melalui tema dan tagline ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun, mempercantik dan memperindah sebagai upaya melindungi Kota Cirebon baik lahir maupun batin,” ujarnya, Senin (3/7/2020).

Dia menjelaskan, untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI, agendanya telah ditetapkan oleh Sekretariat Negara. Sejumlah acara ada yang dihilangkan, namun ada pula yang tetap digelar seperti pengibaran bendera pusaka yang pesertanya dibatasi.

“Begitu juga dengan Paskibraka yang pesertanya juga dibatasi. Untuk acara Veteran tetap ada, tapi ada yang berubah tahun ini. Bukan para veteran yang datang dan berkumpul ke Balaikota Cirebon, namun Pemkot Kota Cirebon yang mendatangi mereka yang akan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2020 usai sidang paripurna DPRD Kota Cirebon,” beber Ma’ruf.

Nantinya, kata dia, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan DPRD dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Cirebon akan dibagi-bagi menuju rumah Veteran. Yang terdata saat ini sudah ada 75 Veteran yang akan didatangi.

Untuk Hari Jadi Kota Cirebon sejumlah agenda akan digelar antara lain Gerakan Cirebon Bermasker yang digelar di sejumlah titik untuk mencegah kerumunan orang. Ada sekitar 7.000 masker yang siap dibagikan. Juga diagendakan kegiatan Bebersih Tajug dan tempat ibadah yang ada di Kota Cirebon mulai 5 Agustus dengan target 300 lokasi.

Dikatakan, pada tanggal 20 Agustus 2020, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis akan mencanangkan dibukanya wifi yang ada di setiap kantor pemerintahan hingga tingkat kelurahan. Untuk siswa yang saat ini tengah belajar daring juga disiapkan aplikasi yang akan dijalankan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon. Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak-anak sekolah yang saat ini tengah belajar daring.

“Pada tanggal 20 Agustus, kita akan lakukan streaming selama 651 menit mulai dari jam 08.00. Kita lakukan city branding,” lanjut Ma’ruf.

Berbagai segmen acara lainnya juga akan digelar seperti pementasan seni dan budaya dan berbagai potensi yang dimiliki Kota Cirebon. Juga akan diberikan give away atau hadiah untuk masyarakat Kota Cirebon.

“Tanggal 15 Agustus akan ada Festival Tari Topeng di 6 lokasi dan 5 tarian secara serempak,” kata Ma’ruf seraya mengatakan, semua kegiatan dirancang dengan tetap meminimalisasi kerumunan orang serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. (C+/01)

Foto: Istimewa

Related Articles