Home CirebonRaya Relawan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Cirebon Dilatih Selama 2 Hari

Relawan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Cirebon Dilatih Selama 2 Hari

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, dalam hal ini Satgas Covid 19 Kota Cirebon bekerjasama dengan Attaqwa Center Cirebon atau DKM Masjid Raya Attaqwa menggelar pelatihan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. Pesertanya adalah puluhan relawan kemanusiaan yang mengurus jenazah atau pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menyampaikan, puluhan relawan ini untuk menangani jenazah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang meninggal dunia di rumah. “Targetnya jenazah pasien Covid-19 ditangani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan syariat agama,” sambungnya, Rabu (27/1/2021).

Menurut Agus, untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit sudah ditangani oleh petugas dari Satgas Covid 19 di rumah sakit. “Pembiayaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah akan ditanggung oleh Pemda Kota Cirebon,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Attaqwa Center Cirebon, H Ahmad Yani MAg berterima kasih kepada Satgas Covid-19 Kota Cirebon yang telah berkenan untuk kolaborasi dengan Attaqwa Center Cirebon dalam pelatihan 44 relawan yang akan bertugas dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

“Attaqwa Center Cirebon akan membuka call center untuk menerima laporan dari masyarakat jika ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di tempat tinggalnya,” tambahnya.

Yani memaparkan untuk tiap penanganan jenazah pasien Covid-19 pihaknya akan menurunkan 4 orang yang sudah mendapatkan pelatihan tentang protokol kesehatan dan syariat penanganan jenazah selama dua hari. “Tim relawan akan mengurus jenazah dari awal sampai mengantarkan ke pemakaman,” pungkasnya. (C+/01)

Foto: Istimewa Pemkot Cirebon

Related Articles