kuping kiri

Semua Parpol dan Capres-cawapres Sepakat Hentikan Kampanye di Daerah Bencana

Semua Parpol dan Capres-cawapres Sepakat Hentikan Kampanye di Daerah Bencana

Cirebonplus.com (C+) – Mayoritas partai politik (parpol) sepakat untuk menunda jadwal kampanye di daerah bencana gempa bumi Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Demikian halnya dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang juga setuju, sebagai penghormatan terhadap peristiwa bencana dan para korbannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sepakat bila daerah bencana tak dijadikan tempat kampanye. KPU juga mengapresiasi para pasangan capres-cawapres yang menunda kegiatan kampanye mereka di wilayah Sulteng.

Namun demikian, kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan,  penghentian kampanye bukan berarti tahapan kampanye dihentikan. Pasalnya sudah diatur dalam ketentuan aturan main yang telah dibuat.

“Kami jelaskan bahwa penghentian kampanye tersebut maknanya bukan berarti tahapan kampanye dihentikan. Tentu saja jadwal tahapan dan program itu berdasarkan pada Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 yang dimulai 23 September 2018 sampai 13 April 2018,” paparnya di Jakarta, kemarin.

Dengan kata lain, tahapan pemilu terus berjalan, karena tak mungkin tahapan kampanye dihentikan di seluruh Indonesia. Namun, khusus untuk daerah bencana, tahapan kampanyenya lebih baik dihentikan.

Pihaknya mengapresiasi kesepakatan yang sudah dibuat parpol peserta pemilu. Demikian halnya dengan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Baginya, antara tidak dilakukan kampanye di daerah bencana dengan penghentian kampanye adalah sesuatu yang berbeda. Kampanye berlangsung di seluruh Indonesia, tapi mengapresiasi kesepakatan peserta Pemilu agar tidak melakukan kegiatan di lokasi bencana.

Dikatakan, hal yang perlu dikedepankan adalah gotong royong semua elemen untuk membantu para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Pendekatan dengan agenda politik dihentikan dan diganti dengan pendekatan kemanusiaan. (Red/C+1)

Related posts