Home Headline Separuh Vaksin untuk Tenaga Kesehatan Kota Cirebon

Separuh Vaksin untuk Tenaga Kesehatan Kota Cirebon

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Separuh dari kuota vaksin Corona Virus Desease 2019 (Covi-19) yang diterima Pemkot Cirebon rencananya akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto MKes.

Menurutnya, vaksin Covid-19 yang akan dikirim besok (27/1/2021) ke Kota Cirebon adalah sebanyak 4.600. Dari jumlah itu 2.300 vaksin prioritas untuk tenaga kesehatan (nakes), alasannya karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi Covid-19.

Dikatakan, vaksin adalah harapan semua pihak. Namun sebelum pelaksanaan vaksinasi covid-19 Edy tetap meminta kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan disiplin.

Menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan merupakan hal yang wajib dilakukan masyarakat selama pandemi covid-19 ini.

Mengenai kapan proses vaksinasi covid-19 dilakukan, Edy mengungkapkan, hal tersebut sedang dikoordinasikan, dan jika sudah ditetapkan kapan vaksinasi covid-19 dilakukan, maka pada H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan, vaksin-vaksin tersebut akan dikirimkan ke tempat pelaksanaan vaksinasi covid-19 dilakukan.

Sementara itu, Kepala UPT Farmasi, Eva Susanti SST MKes menyampaikan, pihaknya telah siap untuk menerima vaksin. “Di gudang logistik vaksin sudah disiapkan 5 freezer atau cold chain, satu cold chain bisa memuat hingga 10 ribu vaksin. “Namun karena dikemas box, jadi bisa muat 7 ribu vaksin,” ungkap Eva.

Cold chain tetap dijaga sesuai ketentuan, sehingga vaksin akan terjaga pada suhu dingin yang ditetapkan. Suhu udara 2 hingga 8 derajat celcius. (C+/01)

Foto: Istimewa Pemkot Cirebon

Related Articles