Home DesaKita Soal Data Bansos Ganda Pemdes Jadi Sasaran Protes, Kuwu Sayangkan Miskoordinasi

Soal Data Bansos Ganda Pemdes Jadi Sasaran Protes, Kuwu Sayangkan Miskoordinasi

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Puluhan warga Gintung Tengah, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon mendatangi kantor kepala desa, Jumat (29/5/2020). Maksud kedatangan mereka untuk meminta kejelasan pemerintah desa (pemdes) tentang pembagian bantuan sosial (bansos) yang telah dibagikan kepada warga setempat.

Salahsatu warga, Mukmin mengatakan, kedatangan warga ke balai desa adalah untuk mempertanyakan temuan data ganda. Sejumlah warga menemukan adanya keluarga mendapatkan dua bantuan, padahal berdasarkan informasi tidak diperkenankan ada bantuan ganda.

“Ada satu KK mendapatkan dua bantuan. Sedangkan masih banyak warga miskin yang seharusnya mendapatkan bantuan, tetapi tidak mendapatkannya. Ditambah lagi diduga ada perangkat desa yang mendapatkan bantuan tersebut,” ujar Mukmin kepada CirebonPlus.

Menurutnya, pembagian bansos tersebut dianggao tidak adil oleh masyarakat. Pasalnya, di tengah pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) ini banyak warga miskin yang memang sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Menerima keluhan warga, Kuwu Desa Gintung Tengah, Apandi mengakui bahwa distribusi bansos sendiri banyak mengalami kendala masalah data. Ketika bantuan tersebut keluar, tidak ada konfirmasi ke desa ataupun koreksi dari desa.

Dengan tidak adanya koordinasi dengan pihak desa, sambung dia, maka pemdes tidak bisa mengoreksi ataupun memusyawarahkan mana warga yang layak dan tidak. Juga mengoreksi data ganda ataupun orang-orang yang telah meninggal dunia.

“Kami perangkat desa berharap kepada dinas terkait agar ada koordinasi dengan pemerintah desa, sehingga data penerima bisa dikoreksi kembali dan dimusyawarahkan di tingkat desa. Sehingga gejolak di masyarakat bisa teratasi,” harap dia. (Yasir)

Related Articles