kuping kiri

Syekh Fadhil Minta Izin Jokowi Bangun Pendidikan Tasawuf Syekh Abdul Qodir Jailani

Syekh Fadhil Minta Izin Jokowi Bangun Pendidikan Tasawuf Syekh Abdul Qodir Jailani

Cirebonplus.com (C+) – Ribuan jamaah dari wilayah III Cirebon dan sekitarnya mengikuti kegiatan zikir bersama Syekh Assayyid Muhammad Fadhil Al Jilani, Kamis (28/12). Acara yang berlangsung di Ma’had Al Ghadier Pondok Pesantren Khas Kempek, Gempol, Kabupaten Cirebon itu dimulai sekitar pukul 20.00 hingga 24.00.

Tampak hadir sejumlah ulama dan tokoh antara lain Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj, KH Habib Tohir bin Yahya, Jenderal Polisi (Pur) Sidarto Danusubroto, dan tokoh masyarakat Cirebon. Untuk kedua kalinya keturunan Syekh Abdul Qodir Jaelani itu berkunjung ke Pondok Pesantren (Pontren) Khas Kempek.

Kepada hadirin, Syekh Fadhil mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah umat Islam Indonesia, termasuk Cirebon. Bahkan, Indonesia dianggap sebagai negara keduanya.

“Saya bangga bisa berada di antara umat Islam Indonesia. Negara Indonesia adalah negara kedua bagi saya,” ujar Syekh Fadhil dalam bahasa Arab yang diterjemahkan KH Mustofa Aqil Siraj.

Karena merasa dekat dengan umat Islam Indonesia, ulama tasawuf asal Turki itu punya cita-cita mendirikan lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang tasawuf. Saat ini sedang menunggu izin dari Presiden RI Joko Widodo agar bisa berdiri.

“Saya berharap agar lembaga pendidikan tasawuf di Indonesia ini disetujui oleh Ir Joko Widodo selaku presiden Indonesia. Sebab, di Indonesia belum ada satupun pendidikan yang bernama Syekh Abdul Qodir Al Jilani,” papar dia disambut aplause jamaah yang hadir seraya menitipkan salam untuk presiden kepada Penasihat Presiden Jokowi, Sidarto.

Pantauan cirebonplus.com, ribuan jamaah memadati lingkungan Pontren Kempek. Mereka tampak khusyuk melantunkan zikir yang dipimpin langsung Syekh Fadhil. (*)

Laporan: Iklima

Related posts