kuping kiri

Tebing Sungai Gemulungtonggoh Longsor Lagi, 15 Rumah Warga Terancam

Tebing Sungai Gemulungtonggoh Longsor Lagi, 15 Rumah Warga Terancam

Cirebonplus.Com (Ci+) – Longsor kembali terjadi di Desa Gemulungtonggoh, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Kamis malam (20/4) sekitar pukul 23.00. Tanah tebing Sungai Cirenghas yang berada di Blok Pahing RT/RW 04 tiba-tiba ambrol dan longsor.

Pergerakan tanah longsor sepertinya mengeluarkan bunyi yang cukup keras, hingga terdengar warga setempat. Warga setempat, terutama yang menghuni belasan rumah di dekat titik longsor langsung berhamburan keluar.

Setelah mengecek kondisi permukiman dan dirasa tidak ada yang terdampak, warga langsung melihat dari dekat lokasi longsor. Meski tengah malam namun banyak warga penasaran melihat titik persis lokasi pergerakan tanah.

Informasi yang dihimpun cirebonplus.com, ada sekitar 12 rumah yang terancam terseret. Meskipun masih beberapa meter dari lokasi, namun bila pergerakan tanah terus terjadi bukan tidak mungkin akan menyeret rumah warga.

“Ini (lonsor) susulan. Kini semakin terlihat mengacam 12 rumah (warga). Apa yang harus kita lakukan dengan kejadian ini, selain berdoa,” ujar Alek Setiawan, kuwu Lebakmekar, Kecamatan Greged yang ikut melihat langsung kondisi longsor di tetangha desanya tersebut.

Pria yang akrab disapa Ki Amuk Marugul itu ikut prihatin atas apa yang dialami desa yang dipimpin temannya, Kuwu Saepudin. Ia berharap segera ada solusi.

Selama ini, sambung dia, untuk longsor bulan-bulan lalu saja pejabat hanya berkunjung dan membagikan sembako. Termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang hanya membuat posko. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts