Home Headline Terimbas Corona, Stok Darah PMI Kota Cirebon dalam Kondisi Tak Aman

Terimbas Corona, Stok Darah PMI Kota Cirebon dalam Kondisi Tak Aman

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat sejumlah aktivitas dibatasi. Kebijakan pembatasan untuk penanggulangan virus Corona juga berdampak pada berbagai sektor, di antaranya stok darah untuk kebutuhan medis.

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon misalnya, saat ini jumlahnya sangat minim, sehingga stoknya tidak aman. Hal itu diakui Bagian Kendali Mutu Produk PMI Kota Cirebon, Asep Munandar kepada CirebonPlus, Kamis (9/4/2020).

Menurut Asep, stok darah di PMI kota Cirebon sebagaimana umumnya berlaku secara nasional. Apalagi bagi daerah yang memberlakukan kebijakan pembatasan-pembatasan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) misalnya, akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat, termasuk mereka yang biasa mendonorkan darahnya.

“PSBB sangat berpengaruh terhadap kurangnya minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya ke PMI,” tandas Asep.

Asep mengatakan, di PMI Kota Cirebon saat ini stok darahnya tidak dalam batas aman. Karena itu, ia berharap partisipasi masyarakat untuk donor darah, tengtu dengan tetap mengedepankan kaidah untuk mencegah penularan Covid-19. “Kami sangat membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat agar stok darah di PMI cukup,” pungkasnya. (Kustano/C+3)

Related Articles